Joan Mir Juara Dunia 2020, Hadiah Spesial 100 Tahun Suzuki

Kompas.com - 16/11/2020, 12:10 WIB
Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020 Foto: IstimewaJoan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Sukses Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 menjadi kado terindah buat Suzuki yang tahun ini memperingati usia 100 tahun secara global.

Toshihiro Suzuki, Presiden Suzuki Motor Corporation (SMC), secara terbuka mengucapkan selamat dan terima kasih kepada tim Suzuki Ecstar serta dua pebalapnya, Joan Mir serta Alex Rins.

"Ini adalah peringatan 100 tahun Suzuki dan di tahun yang tak terlupakan ini, kami memenangkan kejuaraan MotoGP, yang merupakan seri balap motor tertinggi di dunia," katanya dalam keterangan resmi, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Kelebihan Suzuki GSX-RR, Rahasia Joan Mir Bisa Juara Dunia

Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Toshihiro mengatakan, kemenangan di MotoGP sangat berarti sebab bisnis sepeda motor merupakan sektor utama yang dibangun oleh para pendiri Suzuki di masa lalu.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan, penggemar dan dealer yang selalu mendorong dan mendukung Suzuki, dan semua pemasok dan sponsor yang mendukung kami. Anggota staf tim kami, pebalap, dan lebih jauh lagi semua staf yang mendukung kegiatan ini,” katanya.

Suzuki terakhir mengantarkan pebalap jadi juara dunia Grand Prix pada tahun 2000, yaitu Kenny Roberts Jr dengan tim Suzuki Telefonica Movistar.

Raihan Mir bukan hanya memecahkan kebuntuan Suzuki selama 20 tahun terakhir. Tapi juga menjadi tonggak keberhasilan mesin 4-tak Suzuki di era MotoGP, sebab sebelumnya Kenny Roberts Jr masih era 2-tak.

Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020Foto: Istimewa Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020

Baca juga: Perjalanan Karir Joan Mir, Sampai Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Apalagi perjalanan Suzuki di ajang MotoGP selama beberapa tahun terakhir tidak sepenuhnya mulus.

Akibat masalah krisis keuangan, Suzuki sempat undur diri dari MotoGP pada 2011. Kemudian setelah puasa selama tiga musim, akhirnya pada 2015 tim asal Jepang ini kembali ke aspal sirkuit.

"Sejak kembali ke MotoGP, saya sangat bangga dengan tim yang telah mengatasi berbagai kesulitan, membuat kemajuan yang stabil dari tahun ke tahun, dan akhirnya menjadi juara," kata Toshihiro.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X