Perjalanan Karir Joan Mir, Sampai Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Kompas.com - 15/11/2020, 20:47 WIB
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERJoan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Sucuki Ecstar Joan Mir berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finis posisi ke-7 di GP Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020), meski balapan masih menyisakan satu seri di GP Portimao.

Mir merupakan peraih juara dunia MotoGP pertama Suzuki setelah 20 tahun. Terakhir Suzuki juara dipegang Kenny Roberts Jr tahun 2000 di kelas GP500 bersama Suzuki Telefonica Movistar.

Joan Mir lahir dengan nama Joan Mir Mayrata, di Palma de Mallorca, Spanyol pada tahun 1997.  

Profil Joan MirFoto: joanmir36.com Profil Joan Mir

Mir mulai mengendarai motor pada usia enam tahun dengan motor pertama besutan Polini. Setahun kemudian dia dibelikan Honda QR oleh kedua orang tuanya.

"Saya sangat bersemangat mengendarai apapun yang punya roda. Faktanya skateboard dan skuter adalah bagian dari masa kecil saya," kata Mir dikutip Kompas.com, dari situs resminya, Sabtu (14//11/2020).

Baca juga: Jadwal MotoGP Velencia 2020, Joan Mir Siap Kunci Gelar Juara Dunia

Dari kecil Mir memang ingin jadi pebalap motor. Cita-citanya terpupuk saat menyaksikan sang paman, Joan Perello yang juga pebalap motor di kejuaraan dunia bersama tim Stop & Go.

Profil Joan MirFoto: joanmir36.com Profil Joan Mir

Oleh sang ayah, Mir kemudian dimasukkan ke sekolah balap milik ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo bernama Chicho Competition. Di sinilah Mir pertama kali belajar motor yang benar.

"Saat itu, Valentino Rossi adalah salah satu idola saya, dan hari ini saya beruntung bisa berbagi trek dengannya," kata Mir.

Kemudian di umur 12 tahun atau pada 2009 Mir masuk sekolah balap motor Balearic Motorcycling Federation School. Bakatnya kemudian diasah oleh pelatih dan instruktur Dani Vadillo.

"Kami melihat dia punya sesuatu yang berbeda saat itu," kata Dani mengutip Suzuki Racing.

Profil Joan MirFoto: joanmir36.com Profil Joan Mir

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X