Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Junior Executive PO Raya, Pakai Kursi Bekas Pesawat

Kompas.com - 16/11/2020, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comPO Raya merupakan salah satu operator bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang menjadi legenda. Sejak dahulu, PO Raya memiliki keunikan yang sampai sekarang masih dipertahankan, yaitu kursi pesawatnya.

Kali ini Kompas.com mendapatkan satu kesempatan untuk merasakan bagaimana duduk di kabin bus PO Raya. PO Raya yang Kompas.com temui, adalah kelas Junior Executive 3 dengan trayek Bogor – Solo.

Sebelum membahas kabinnya, sekarang kita lihat bagian eksteriornya. Junior Executive 3 ini menggunakan bodi Legacy SR2 HD Prime buatan karoseri Laksana yang dipasangkan ke sasis Mercedes Benz OH 1526.

Baca juga: Pembangunan Pabrik Baterai Tesla di Indonesia Segera Dimulai

Bus AKAP PO RayaKompas.com/Fathan Radityasani Bus AKAP PO Raya

PO Raya sendiri memang terkenal setia memakai bodi buatan Laksana dan sasis Mercedes Benz. Bahkan untuk unit lain Junior Executive 3, PO Raya masih mengandalkan Mercy OH 1521 atau dikenal dengan Kuler.

Berpindah ke kabin bus, di sini lah mulai terasa spesial. Bus Junior Executive 3 memiliki 36 kursi, uniknya memakai kusi bekas pesawat. Semua kelas PO Raya mulai dari Supertop, Executive, dan Junior Executive menggunakan kursi bekas pesawat.

Susunan kursi dua di kiri dan dua di kanan (2-2) serta karena kursinya yang lebar, berjalan di lorongnya agak sulit. Tidak lupa juga kalau di bus ini menyediakan toilet yang hanya bisa digunakan untuk buang air kecil dan saat berjalan.

Baca juga: Pilih Crutchlow, Lorenzo Sebut Yamaha Menukar Emas dengan Perunggu

Kabin bus AKAP PO RayaKompas.com/Fathan Radityasani Kabin bus AKAP PO Raya

Tak lupa kami juga mencoba duduk di kursi paling depan, atau istilahnya hot seat. Walaupun tanpa leg rest, duduk di kursi bekas pesawat ini tetaplah nyaman. Busanya masih empuk dan terawat dengan baik.

Untuk postur dengan tinggi 178 cm, leg room yang dimiliki sangatlah cukup di kursi paling depan.

Namun sayang, model Legacy SR2 HD Prime yang double glass, membuat pandangan ke depan agak terhalang oleh sekat atau bando.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia 2020, Joan Mir Juara Dunia

Kabin bus AKAP PO RayaKompas.com/Fathan Radityasani Kabin bus AKAP PO Raya

Jika ingin lebih nyaman lagi, bisa mencoba kelas layanan Executive yang memiliki leg rest serta jarak kursi yang lebih luas. Begitu juga di Supertop dengan susunan kursi 1-2 yang lebih lebar dari kelas Executive.

Tapi, kelas Executive dan Supertop belum tersedia di Bogor. Setidaknya kelas Junior Executive saja sudah sangat nyaman, apalagi kru bus PO Raya juga terkenal akan kemahirannya membawa bus, kapan harus kencang dan tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com