Tak Pakai Masker Saat Operasi Zebra Bakal Ditilang?

Kompas.com - 26/10/2020, 06:39 WIB
Satlantas Polres Tangerang selatan telah menindak sebanyak 2200 pengendara yang melanggar dalam Operasi Zebra Jaya yang berlangsung selama dua pekan terhitung sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019. KOMPAS.com/Muhamad Isa BustomiSatlantas Polres Tangerang selatan telah menindak sebanyak 2200 pengendara yang melanggar dalam Operasi Zebra Jaya yang berlangsung selama dua pekan terhitung sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Razia mulai Senin (26/10/2020) hingga 8 November 2020.

Kegiatan ini akan menitikberatkan pada tiga pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pengendara kendaraan.

Fokusnya seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, melawan arah serta pelanggaran marka jalan.

Selain mematuhi peraturan lalu lintas, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat juga diimbau agar menjaga protokol kesehatan salah satunya dengan selalu menggunakan masker.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Vios, Yaris, sampai BMW

Masker

Lalu apakah pengendara kendaraan yang tidak mengenakan masker saat Operasi Zebra juga akan dilakukan penindakan atau tilang?

Anggota Satpol PP Kabupaten Garut mencatat identitas warga yang tidak menggunakan masker saat berkendara dal razia masker, Senin (24/08/2020)KOMPAS.com/ARI MAULANA KARANG Anggota Satpol PP Kabupaten Garut mencatat identitas warga yang tidak menggunakan masker saat berkendara dal razia masker, Senin (24/08/2020)

Menanggapi hal itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, untuk penggunaan masker tidak ada penindakan dari kepolisian atau saat Operasi Zebra.

Pihaknya akan fokus pada penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor.

“Kalau Operasi Zebra itu penindakan yang dilakukan oleh Polri yang fokus pada pelanggaran lalu lintas seperti tidak pakai helm, melawan arah dan melanggar marka,” kata Fahri saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang

Sedangkan, Fahri menambahkan, untuk penggunaan masker bukanlah ranah kepolisian karena tidak termasuk pelanggaran lalu lintas.

Anggota Kepolisian saat sosialiasi ETLE di titik nol Yogyakarta, Rabu (12/8/2020)Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Anggota Kepolisian saat sosialiasi ETLE di titik nol Yogyakarta, Rabu (12/8/2020)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X