Minat Beli Mobil Bekas di Balai Lelang? Begini Caranya

Kompas.com - 24/10/2020, 10:22 WIB
Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari. Ari PurnomoSeorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas tidak harus selalu di showroom atau di situs jual beli daring.

Ada tempat yang menyediakan beragam tipe kendaraan roda empat dengan harga yang rata-rata di bawah harga pasar, yakni di balai lelang.

Memang selama ini balai lelang didominasi oleh pemilik showroom yang biasanya mencari unit dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, bukan berarti pembeli perorangan tidak bisa ikut menjadi peserta di balai lelang.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Apabila beruntung, pembeli bisa mendapatkan unit dengan harga yang lebih rendah dari harga yang ada di showroom.

Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).Ari Purnomo Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).

Presiden Direktur Ibid- Balai Lelang Serasi Daddy Doxa manurung mengatakan, lelang di Ibid memang rata-rata diikuti oleh pemilik showroom, tetapi bagi perorangan juga bisa ikut.

“Bagi perorangan yang ingin ikut bisa juga, caranya dengan mengunjungi website Ibid di www.ibid.astra.co.id,” kata Daddy kepada Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

Setelah itu, Daddy melanjutkan, peserta bisa mengikuti langkah-langkah untuk mendaftar sebagai peserta lelang.

Baca juga: Catat, Syarat dan Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Drive Thru

Satu peserta lelang wajib mempunyai nomor peserta lelang ( NPL) dan wajib membayar uang deposit sebesar Rp 5 juta untuk satu pembelian mobil lelang.

“Peserta bisa mencari dulu jenis atau tipe mobil yang ingin dibelinya, serta bisa juga melihat-lihat lot mobil bekas yang dilelang. Satu NPL bisa digunakan untuk memilih beberapa lot,” ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X