Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Jangan Lupakan Perawatan Sil Sokbreker Depan

Kompas.com - 24/09/2020, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemotor sebaiknya jangan abai untuk menjaga kebersihan tunggangannya, terutama memasuki musim hujan seperti saat ini. Pasalnya, air hujan berpotensi membuat komponen motor menjadi rusak, salah satu yang kerap terabaikan, adalah sil sokbreker depan.

Tidak sedikit pengguna motor yang menganggap sepele perawatan sil sokbreker depan. Padahal jika sudah rusak, akibat yang ditimbulkan juga bisa fatal.

Sil sokbreker depan memiliki fungsi yang cukup vital yaitu menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar. Jika sil sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman.

Baca juga: Cara Mitsubishi Manjakan Pemilik Xpander Lawas

Tentunya hal tersebut akan berakibat fatal jika tidak segera diperbaiki. Tapi tidak perlu juga menunggu sampai rusak baru memperbaikinnya. Alangkah lebih baik jika pemilik motor bisa mencegahnya dengan rutin melakukan perawatan.

Shockbreaker depan motor Shockbreaker depan motor

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, sebaiknya sil sokbreaker depan selalu dibersihkan sehabis terkena kotoran.

Baca juga: Motor Sport Lebih Ideal Pakai Ban Radial

“Perawatannya sangat mudah, cukup bilas dengan air bersih, setelah itu dilap hingga kering. Lakukan setiap habis melewati hujan,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Air hujan yang menempel pada motor turut membawa pasir atau kerikil halus. Kerikil halus inilah yang membuat sil menjadi rusak saat sokbreker depan bekerja.

“Jika salah satu sil sokbreker depan sudah rusak. Sebaiknya keduanya langsung diganti, agar kinerja sokbreker tetap terjaga dengan baik,” tutup ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com