Bahaya, Jangan Mengemudikan Mobil Pakai Satu Tangan

Kompas.com - 24/09/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi mengemudi. Agung KurniawanIlustrasi mengemudi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan kendaraan roda empat tidak hanya membutuhkan konsentrasi selama melakukan perjalanan.

Tetapi, cara benar dalam memegang setir atau kemudi juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap pengendara.

Mungkin masih banyak pengemudi kendaraan roda empat yang menyepelekan cara benar dalam memegang kemudi atau setir, yakni dengan menggunakan kedua tangan.

Ada yang hanya menggunakan satu tangan untuk memegang kemudi, ada pula yang sesekali melepaskan kemudi kendaraannya.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang

Padahal, perilaku tersebut sangatlah berbahaya mengingat setiap saat kendaraan bisa kehilangan kendali sehingga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat mengemudikan mobil kedua tangan harus stand by pada lingkar kemudi.

Hal ini untuk menjaga keseimbangan kemudi agar kendaraan tetap berada pada jalurnya dan tetap aman.

Ilustrasi mengemudi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mengemudi.

“Kedua tangan di setir bisa meredam hilangnya keseimbangan selama kendaraan bergerak. Selain itu, agar pengemudi selalu siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di jalan,” ujar Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menambahkan, ketika kedua tangan berada di kemudi mobil akan lebih stabil. Sebaliknya, jika setir dipegang menggunakan satu tangan kendaraan menjadi tidak stabil atau bergoyang-goyang.

Sedangkan kalau mengandalkan satu tangan, mobil menjadi goyang-goyang ketika dikendarai, apalagi kalau dalam kecepatan yang tinggi.

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah Rp 50 Juta di Balai Lelang, Bisa Dapat Honda Jazz

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X