Motor Sport Lebih Ideal Pakai Ban Radial

Kompas.com - 23/09/2020, 19:41 WIB
Ban Radial IRC RMC 801 Aditya Maulana - OtomaniaBan Radial IRC RMC 801

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor sport kelas 250 cc ke atas saat ini sudah banyak yang menggunakan ban dengan konsturksi radial. Sebab, motor dengan cc tersebut membutuhkan ban dengan perfoma yang memadai.

Beberapa merek sudah melansir ban dengan konstruksi radial, seperti IRC Tire dengan IRC Radial RMC810 ZR.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, ketimbang ban bias, secara garis besar ban radial lebih bagus karena memiliki konstruksi lebih ringan tapi kokoh.

Baca juga: Rossi Mulai Pasrah Tak Bisa Rebut Juara Dunia Musim Ini

Ban radial memang jauh lebih unggul dibanding ban bias. Mulai dari kecepatan yang lebih baik, dapat menanggung yang lebih berat, sehingga akan lebih stabil saat digunakan,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/9/2020).

Menjajal motor sport Honda.Istimewa Menjajal motor sport Honda.

Selain itu, keunggulan lain dari ban radial adalah memiliki serat nylon yang disusun secara radial dan ditambah bahan aramid di dalamnya.

Penggunaan bahan ini membuat dinding ban bisa lebih tipis tapi sudutnya lebih lentur, memperkuat karakter handling pengguna motor sport. Berbeda dengan ban yang masih menerapkan serat baja dengan susunan biasa.

Baca juga: Minat Toyota GR Supra 2020, Wajib Sabar Menanti Setengah Tahun

Perlu diingat, ban merupakan komponen yang slelau bergesekan dengan aspal, gesekan itu menghasilkan panas. Sedangkan, ban radial diciptakan untuk mereduksi hal tersebut, sehingga konstruksinya juga lebih kuat.

“Jadi intinya, untuk motor besar dengan kecepatan tinggi memang perlu ban yang ringan namun tetap stabil agar bisa menghasilkan handling lebih baik,” kata Zulpata.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X