Cerita Kampas Kopling Vespa 2-Tak yang Mau Aus

Kompas.com - 27/08/2020, 10:22 WIB

BOGOR, KOMPAS.comVespa 2-tak masih menggunakan kopling manual untuk mengganti gigi transmisinya. Kemudian, cara mengganti giginya juga unik, berada di tangan, bukan di kaki seperti motor kopling pada umumnya.

Bagi pemilik vespa 2-tak yang masih baru, tentunya perlu mengetahui ciri-ciri dari kampas kopling yang akan aus. Karena jika sudah aus, malah bisa menimbulkan masalah lain seperti kabel kopling yang putus.

Mekanik bengkel spesialis Vespa 2-tak, Sar Motor di Bogor, Endar mengatakan, kampas kopling yang akan aus bisa dirasakan oleh pengendara. Jadi sebelum aus, bisa dilakukan penggantian suku cadang.

Baca juga: Beda Helm Full Face buat Balap dan Harian

Tali kopling Vespahadiyanta.com Tali kopling Vespa

“Ciri-ciri kopling mau habis yang pertama yaitu motor enggak ada tenaga, sulit dinyalakan menggunakan starter kaki, dan ketika masuk gigi dan ditekan koplingnya, motor tetap berjalan, tidak netral,” kata Endar kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk suku cadang dan biaya penggantian kampas kopling ini juga tergantung dari tipe Vespa. Pemilik bisa memilih untuk memakai kampas kopling yang orisinal maupun yang biasa. Keduanya memiliki harga dan kualitas yang berbeda.

“Untuk yang orisinal, harganya Rp 150.000 yang berisi tiga piringan kampas kopling. Sedangkan yang biasa, harganya Rp 85.000. Keduanya belum termasuk ongkos pasang,” ucap Endar.

Baca juga: Truk Rem Blong, Bisakah Berhenti dengan Menggunakan Cara Engine Brake?

Mawi, pemilik dari Sar Motor, mengatakan, kampas yang aus juga menyebabkan tuas kopling menjadi keras ketika ditarik. Jika dibiarkan, bisa membuat kabel kopling cepat putus.

“Kalau tuas kopling sudah keras saat ditarik, kabel kopling bisa putus dalam waktu dua sampai tiga bulan. Sedangkan kalau masih empuk seperti standar pabrik, usia kabel kopling bisa tahunan,” ucap Mawi kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.