Hapus Kebiasaan Buruk Mengemudi Sambil Merokok

Kompas.com - 24/08/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi merokok, bahaya rokok. ShutterstockIlustrasi merokok, bahaya rokok.
|

JAKARTA, KOMPAS.comMerokok sambil berkendara masih jadi kebiasaan beberapa orang. Padahal di balik hal tersebut, tersimpan bahaya yang mengintai para pengendara.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, merokok sambil mengemudi sejatinya tidak aman dan tidak sehat.

Apalagi, merokok sambil mengemudi sedikit banyak juga akan mengganggu konsentrasi saat berkendara di jalan.

Baca juga: Hasil MotoGP Styria, Drama Tikungan Terakhir Miguel Oliveira Juara

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Menurut Sony, pengemudi yang merokok saat mengemudi pasti akan membuka kaca sedikit. Kondisi ini membuat rokok yang dibakar terkena terpaan angin.

Sebagian abu rokok hingga percikan api pasti masuk ke dalam kabin. Kondisi ini yang berbahaya buat mobil dan pengemudinya sendiri.

“Bisa kelilipan dan bisa mengakibatkan kebakaran. Mengemudi pasti satu tangan, atau kalau dua tangan, menggenggam setirnya tidak sempurna,” ujar Sony, kepada Kompas.com (23/8/2020).

Baca juga: Banyak yang Masih Bingung, Ini Perbedaan Honda Brio Satya dan RS

Ilustrasi vapeMakcouD Ilustrasi vape

Selain merokok, banyak juga pengemudi yang menggunakan rokok elektrik atau vape saat berkendara.

Meski tidak mengeluarkan sisa abu atau bara api, penggunaan vape saat berkendara ternyata juga kurang aman dari kacamata safety driving.

“Vape tidak menimbulkan percikan, tapi asapnya bisa memenuhi kabin. Enggak bisa hilang seketika, tapi bertahap. Konsentrasi pasti terganggu,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X