Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Masih Bingung, Ini Perbedaan Honda Brio Satya dan RS

Kompas.com - 23/08/2020, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio saat ini memang menjadi segmen city car yang paling diminati oleh konsumen otomotif baik yang tipe Satya maupun RS. Hal ini terbukti dengan penjualannya yang selalu mengalami kenaikan setiap bulannya.

“Untuk konstribusi terbanyak penjualan unit mobil datang dari Honda Brio dengan kontribusi 55 persen di bulan Juli,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, kepada Kompas.com, Sabtu (23/8/2020)

Sejak diluncurkan tahun 2011, Honda Brio kini diklaim telah menginjak generasi ke dua. Jika dilihat secara sepintas, memang tidak ada perbedaan yang berarti antara Honda Brio Satya dan Honda Brio RS.

Bagi Anda yang masih bingung tentang perbedaan Brio Satya dan RS, tim Kompas.com akan menjelaskan apa saja perbedaan dari kedua model hatchback koleksi pabrikan Jepang tersebut.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Berbahayakah Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil?

1. Spesifikasi mesin

Dari sisi mesin, kedua varian Honda Brio ini sama-sama dibekali dengan mesin 1199 cc SOHC 4 silinder 16 katup dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire. Kedua mobil tersebut mampu memuntahkan tenaga 89 Hp dengan torsi 110 Nm.

2. Ekterior

Honda Brio RSKOMPAS.com/Gilang Honda Brio RS

Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada sisi depan. Untuk Honda Brio RS menggunakan gril warna black gloss sementara untuk Brio Satya menggunakan aksen chrome. Selain itu, pada tipe RS juga sudah dilengkapi dengan logo RS pada bagian bawah gril depan.

Selanjutnya, untuk Brio Satya belum dilengkapi spion dengan sistem pelipat elektrik, sementara di Brio RS sudah disematkan fitur tersebut. Kemudian jika diperhatikan, Biro RS juga sudah pakai side skirt pada bagian samping bodi mobil.

Pada bagian belakang, varian Brio Satya menggunakan spoiler tertintegrasi dan high mount stop lamp bentuk membulat.

Sedangkan spoiler pada varian RS terpisah serta lebih besar dengan bentuk high mount stop lamp sedikit lebih memanjang.

Dari sektor ban juga terdapat perbedaan, untuk Brio Satya menggunakan velg diameter 14 inci. Sedangkan untuk Brio RS velg yang dipakai ukuran 15 inci dengan two tone colour.

Baca juga: Begini Cara Tambal Tangki Motor yang Bocor Pakai Sabun Mandi

3. Interior

Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior


Pada pelapis jok pengemudi dan penumpang, untuk Brio Satya menggunakan kombinasi warna hitam dan ivory dengan kelengkapan adjustable headrest yang hanya tersemat pada jok belakang.

Sedangkan untuk Brio RS, untuk kombinasi jok warna hitam dilengkapi dengan aksen jahitan orange dengan kelengkapan adjustable headrest pada semua kursi.

Untuk sektor headunit, Brio Satya hanya berfungsi Radio, CD Player, serta koneksi dengan Iphone dan Ipod melalui Bluetooh atau AUX-IN. Sementara pada headunit Brio RS sudah ada penambah fitur DVD Player dan tersedia slot USB.

4. Harga

Honda Brio generasi ke dua secara menyeluruh tersedia dalam lima varian:

-Honda Brio Satya S M/T Rp 146 juta
-Honda Brio Satya E M/T Rp 154,7 juta
-Honda Brio Satya E CVT Rp 170,1 juta
-Honda Brio RS M/T Rp 184,3 juta
-Honda Brio RS CVT Rp 199,6 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com