Bahaya, Jangan Isap Vape di Mobil Selama Mengemudi

Kompas.com - 15/08/2020, 10:41 WIB
Ilustrasi vape atau rokok elektrik 6okeanIlustrasi vape atau rokok elektrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Vape atau rokok jenis elektrik kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

Tak sedikit beranggapan bahwa vape atau vaping, tidak berbahaya bagi kesehatan jika dibandingkan rokok kretek yang kini masih banyak ditemukan di pasaran.

Bahkan, kerap kali kegiatan tersebut tetap dilakukan di dalam mobil saat berkendara. Lantas, amankah hal tersebut untuk dilakukan?

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana, mengatakan, pemakaian vape saat berkendara dinilai sangat berbahaya.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru

“Hal utama disebabkan karena kabin mobil yang terbatas. Asap vape menghasilkan foging atau kabut pada kabin, sehingga bisa membuat visibilitas pengemudi terganggu,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Ilustrasi berkendara.Stanly/Otomania Ilustrasi berkendara.

Selanjutnya, menurut Sony, tidak semua orang menyukai aroma yang dihasilkan oleh vape.

“Terutama bagi pengemudi, jika ia tidak suka aromanya bisa mengakibatkan pusing dan akan berisiko kecelekaan,” katanya.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Bekas yang Jarang Dilirik Pembeli

Sementara jika berbicara dari kacamata kesehatan, menurut Dokter Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, kegiatan tersebut tentunya memiliki dampak buruk.

“Vape dihisap di mana saja akan sama saja. Mau di dalam mobil ataupun di tempat terbuka. Sebab, yang dihisap adalah zat kimia yang mengandung nikotin. Meskipun kadarnya sedikit (tidak sebesar rokok) tetap berbahaya bagi tubuh,” kata Daniel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X