Banyak yang Belum Tahu, Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru

Kompas.com - 15/08/2020, 08:42 WIB
Beberapa tipe ban merek Bridgestone. Kompas.com/Alsadad RudiBeberapa tipe ban merek Bridgestone.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada telapak ban yang masih baru, biasanya ditemukan garis warna-warni. Sebelum di pakaikan ke pelek, garis ini masih bisa terlihat. Namun seiiring masa pemakaian, garis ini hilang dengan sendirinya.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menjelaskan, garis warna-warni pada ban atau yang biasa disebut dengan “trade mark”. Fungsinya lebih ke arah keperluan internal, bukan untuk konsumen

“Tidak ada pengaruhnya ke perfoma atau spesifikasi ban. Hanya saja untuk memudahkan membedakan ukuran ban,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Begini Cara Mengemudi Defensif Saat di Jalan Tol                           

Berbagai tipe ban merek Bridgestone.Kompas.com/Alsadad Rudi Berbagai tipe ban merek Bridgestone.

Zulpata melanjutkan, misal untuk Avanza 185/70 R14 , semua ban pada ukuran tersebut akan sama warna pada telapaknya.   

Baca juga: Tren Jual Beli Kendaraan di Indonesia Mengarah ke Online              

“Cara tesebut dibuat untuk memudahkan petugas parbik yang harus memindahkan ban dalam jumlah banyak. Sehingga dibuatlah garis warna-warni untuk memudahkan pekerjaannya,” katanya.

“Jadi cukup melihat tapaknya saja, sudah langsung tahu berapa ukurannya. Tidak perlu sampai mengamati bagian sampingnya,” lanjut Zulpata.

Meski demikian, menurut Zulpata tread mark ini tidak baku untuk pabrikan ban, ukuran sama antara pabrikan ban bisa saja warnanya beda. Namun untuk satu pabrik pasti sama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X