Spesifikasi Mobil Bekas yang Jarang Dilirik Pembeli

Kompas.com - 15/08/2020, 08:22 WIB
Mobil mewah di pasar mobil bekas Otomania/Setyo AdiMobil mewah di pasar mobil bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik pedagang maupun pembeli mobil bekas ternyata memiliki musuh yang sama. Sejatinya ada beberapa model mobil yang sulit untuk dijual kembali dan dibeli oleh konsumen, terutama dengan kapasitas mesin besar.

Andri, dari Jordy Mobil di MGK Kemayoran mengatakan, tanpa menyebut merek dan model sudah pasti sedan yang punya mesin di atas 3.000 cc sulit untuk dijual kembali kepada konsumen.

"Lantaran kecenderungan pajaknya yang cukup mahal dan harga jualnya yang masih tinggi. Selain itu, mobi sedan memiliki segmen tersendiri, artinya hanya orang-orang tertentu saja yang mau beli,” ujar Andri saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Begini Cara Mengemudi Defensif Saat di Jalan Tol

Meski demikian, Andri menambahkan sedan dengan kapasitas mesin di bawah 2.500 cc masih cukup mudah untuk dijual kembali.

Mercedes-Benz C-Class W203Wikipedia Mercedes-Benz C-Class W203

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih. Menurutnya bukan hanya pedagang mobil bekas, konsumen yang ingin menjual juga mengalami kesulitan jika menawarkan sedan diatas 3.000 cc.

Baca juga: Tren Jual Beli Kendaraan di Indonesia Mengarah ke Online

“Sebab, pedagang ketika membeli harus di bawah harga pasar, dan ketika menjual lagi harus lebih mahal,” ujar Herjanto kepada Kompas.com.

“Kalau dari kami menyebutnya seperti batu akik, untungnya juga harus besar jika menjual mobil seperti itu. Terkadang ada yang baru satu tahun dipajang baru laku terjual,” lanjutnya.

Herjanto menambahkan, bukan hanya sedan tetapi Sport Utility Vehicle (SUV) mewah dengan kapasitas mesin besa juga sulit untuk dijual kembali.

“Pasarnya ada, tetapi sangat kecil sekali. Selain harga mahal, pajaknya juga tinggi, itu yang bikin males konsumen beli,” ucap Herjanto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X