Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Mobil Bekas Banjir, Masih Ada Untungnya?

Kompas.com - 15/08/2020, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen yang ingin membeli mobil bekas kerap kali dituntut untuk lebih teliti, terutama bagi mereka yang berniat membeli pada musim hujan. Sebab, bisa saja mendapat mobil seken yang sudah pernah terendam banjir.

Sehingga, sebelum memutuskan untuk beli, wajib melakukan pengecekan lebih detail, misalnya lihat lis karet di bagian daun pintu, ruang mesin, hingga interior.

Namun, ada juga pembeli yang tidak masalah jika mobil itu sudah pernah terendam banjir. Menurut Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, masing-masing punya nilai plus dan minus.

Baca juga: Begini Cara Mengemudi Defensif Saat di Jalan Tol

“Sudah pasti dijual dengan harga sedikit lebih murah, itu keuntungannya. Tetapi, harus siap juga dengan masalah ke depan,” kata Herjanto saat dihubungi Kompas.com.

Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

Herjanto melanjutkan, dampak mobil terendam banjir memang tidak langsung terlihat tetapi bisa sekitar enam bulan hingga seterusnya.

Baca juga: Tren Jual Beli Kendaraan di Indonesia Mengarah ke Online

“Kalau memang sudah siap membeli mobil bekas, harus siap juga dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk komponen yang rusak karena banjir,” ucapnya.

Sarannya, konsumen lebih baik tetap membeli mobil yang belum pernah terendam banjir. Sebab, meskipun sudah disiapkan dana untuk perbaikan dan harganya lebih murah, tetapi efek buruk di masa mendatang bisa saja lebih besar.

“Jadi sebaiknya teliti dan usahakan jangan membeli mobil bekas banjir. Walaupun tetap dibeli, harus lebih murah dan siapkan untuk biaya perbaikannya nanti,” ucap Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com