Tips Ringan Bikin Cat Airbrush pada Motor Tahan Lama

Kompas.com - 15/08/2020, 10:22 WIB
Kontes modifikasi Honda ADV 150 di Thailand International Motor Expo 2019 Kompas.com/DonnyKontes modifikasi Honda ADV 150 di Thailand International Motor Expo 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren modifikasi motor dengan menyemprotkan cat banyak dilakukan sebagai bentuk personalisasi pengendara. Salah satunya adalah dengan teknik airbrush.

Namun, banyak yang tak paham bagaimana cara merawat bodi motor yang sudah dicat dengan teknik airbrush tersebut. Akibatnya, cat tak bertahan lama dan membuat tampilan motor jadi kurang bagus.

Baca juga: Cara Melepas Stiker yang Benar di Bodi Motor

" Airbrush yang tidak terawat bisa berubah menjadi kusam atau bahkan pudar warnanya," ujar Yoni Ismail dari Yonz Art di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kontes Modifikasi HMCAHM Kontes Modifikasi HMC

Yoni menambahkan, jika tidak dirawat, airbrush paling hanya bertahan satu tahun. Sedangkan, perawatannya mudah, cukup cuci dengan sampo khusus sepeda motor.

"Tidak perlu dipoles terlalu sering, karena bisa membuat lapisan pernis jadi terkikis. Jika sudah terkikis, airbrush akan cepat pudar," kata Yoni.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Lem Bekas Stiker di Bodi Motor

Menurut Yoni, sebagus apapun pernisnya, jika setiap kali motor dicuci terus dipoles, pasti akan cepat pudar. Cukup lakukan pemolesan dua bulan sekali.

Perawatan yang tepat seharusnya dapat membuat airbrush bisa bertahan hingga tiga sampai empat tahun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X