Jangan Ganti Mika dan Lampu Rem Motor Warna Putih, Ini Alasannya

Kompas.com - 22/07/2020, 07:12 WIB
Lampu rem belakang motor warna putih Foto: Amorphouz BlogLampu rem belakang motor warna putih
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu rem berwarna merah merupakan standar internasional. Terkadang ada pengguna sepeda motor menggunakan mika bening dan mengubah lampu rem jadi putih.

Setyo Suryako, trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, mengatakan, mengganti mika lampu rem jadi bening masih cukup sering dilakukan padahal merugikan orang lain di jalan.

Baca juga: Jangan Sembarang Pilih Kampas Rem Motor, Ini Risikonya

“Ketika motor mengerem, maka lampu rem yang menyala akan menyilaukan pengendara di belakangnya. Terkejut, pengendara di belakang bisanya refleks, memejamkan mata, dan bisa menabrak Anda,” kata Setyo kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pemerintah juga melarang modifikasi pada lampu rem. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomer 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan pasal 23.

Lampu rem motor menyilaukanmotorisblog.com Lampu rem motor menyilaukan

Dalam Pasal tersebut dijelaskan, warna lampu yang diperbolehkan salah satunya, yaitu lampu rem harus berwarna merah.

Baca juga: Kenapa Sorot Lampu Motor Ada yang Kerap Menyilaukan?

Entah karena masih menggangap keren atau ketidaktahuan, Setyo mengatakan mika lampu rem bening sudah pasti membahayakan.

“Berawal dari ketidaktauan tersebut, pengendara berfikir bahwa hal yang diperbolehkan memodifikasi kendaraannya tanpa menyadari sisi safety untuk diri sendiri dan orang lain.Padahal jika ingin belajar tentang peraturan tersebut bisa di search lewat Google,” ucap Setyo.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X