Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

Kompas.com - 22/07/2020, 06:40 WIB
Ilustrasi mengemudi. Agung KurniawanIlustrasi mengemudi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil transmisi manual tidak terlepas dari perpindahan gigi atau persneling. Cara kerjanya sesuai dengan kecepatan saat melaju, sehingga bisa nyaman dan aman saat berada di jalan raya.

Dalam mengoperasikan pemindahan gigi persneling ini pun juga tidak boleh sembarang, harus tepat waktunya. Bagi para pemula, terkadang masih sering melakukan kesalahan saat menggeser tuas transmisi.

Bahkan tidak jarang kesalahan tersebut menyebabkan timbulnya suara “krak” yang cukup keras saat gigi transmisi dipindah.

Baca juga: Mobil Diesel Tak Boleh Ganti-ganti Jenis Solar, Mitos atau Fakta?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, saat mengendarai mobil manual perpindahan gigi transmisi harus menunggu kopling benar-benar sudah menekan.

Dengan begitu, maka tenaga akan terilis semua, yaitu antara flywheel atau roda gila dengan cover clutch atau cover kopling sudah terbebas.

Wuling Confero S ACT dengan transmisi manual enam percepatan tanpa ada pedal kopling. Wuling Confero S ACT dengan transmisi manual enam percepatan tanpa ada pedal kopling.

“Dalam kondisi ini putaran dari mesin sudah tidak menggerakkan gigi transmisi. Barulah bisa dilakukan pemindahan gigi percepatan,” ujar Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jika langkah yang dilakukan benar, Suparna menambahkan, gigi transmisi akan berpindah secara lembut atau smooth. Hal ini salah satunya karena adanya sistem pemindah gigi sinkromes.

“Saat melakukan pemindahan dengan tongkat transmisi, kita sudah melakukan pengereman putaran gigi transmisi. Sehingga tidak terjadi benturan, tapi kalau yang tidak benar akan terdengar bunyi “krak”,” ucapnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik

Selain perpindahan gigi transmisi saat kendaraan melaju ke depan, yang juga perlu diperhatikan adalah saat hendak menggunakan gigi mundur.

Suparna mengatakan, jika kendaraan hendak berjalan mundur sebaiknya pemindahan gigi persneling menunggu sampai kendaraan benar-benar berhenti.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Hal ini terjadi karena ketika mobil belum berhenti sepenuhnya tetapi tuas transmisi sudah digeser kemungkinan besar akan terjadi bunyi “krak”. Meskipun, pedal kopling sudah diinjak saat persneling dipindah.

“Kalau hendak berjalan mundur sebaiknya tunggu dulu jangan langsung memindahkan didi transmisi, nanti terdengar bunyi,” katanya.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini Ketika Mengemudikan Mobil Transmisi Matik

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, melakukan pemindahan gigi transmisi pada mobil manual sebaiknya mengikuti buku pedoman penggunaan kendaraan.

“Saat melakukan perpindahan gigi mundur, sebaiknya menunggu sampai mobil benar-benar berhenti baru dilakukan pemindahan gigi,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X