Ditopang Leasing, Tren Penjualan Mobil Diprediksi Bakal Membaik

Kompas.com - 21/07/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasional IstimewaIlustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasional
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, penjualan mobil mulai terlihat ada peningkatan dibandingkan saat diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat pada Juni 2020 penjualan secara retail meraih angka 2.488 unit. Sementara pada Mei sebelumnya sebesar 1.291 unit, atau meningkat 51,8 persen.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, penjualan pada Juni lalu meningkat karena beberapa faktor.

Baca juga: Pakai Stiker TNI di Pelat Nomor, Ini Aturan Hukumnya

Honda BrioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Brio

Salah satunya karena perusahaan pembiayaan yang telah meringankan kredit, yang besar pengaruhnya bagi pembeli mobil pertama di segmen LCGC.

“Peningkatan penjualan tentunya didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas konsumen serta lembaga pembiayaan,” ucap Billy, kepada Kompas.com (21/7/2020).

“Seperti leasing company yang sudah memberikan relaksasi dalam meringankan konsumen untuk kepemilikan kendaraan,” katanya.

Baca juga: Yamaha Masih Belum Tahu Penyebab Motor Rossi Mogok

Honda menyegarkan tampilan Jazz di Indonesia.Donny Apriliananda/KompasOtomotif Honda menyegarkan tampilan Jazz di Indonesia.

Tak heran jika kontribusi penjualan Honda mayoritas masih datang dari Brio yang terjual sebanyak 1.314 unit.

Sementara penjualan tertingi berikutnya adalah HR-V sebanyak 343 unit, dan Jazz yang rencananya akan disuntik mati di Amerika Serikat, terjual 293 unit.

"Kontribusi terbesar ada di Brio dengan 53 persen dari total penjualan retail. Untuk booking trend di dua minggu pertama bulan juli ini juga mengalami peningkatan bila dibandingkan periode yang sama bulan lalu. Kami berharap pasar bisa terus meningkat,” ujar Billy.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X