Kenapa Sorot Lampu Motor Ada yang Kerap Menyilaukan?

Kompas.com - 21/07/2020, 11:02 WIB
Lampu sepeda motor. ShutterstockLampu sepeda motor.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berpapasan dengan kendaraan lain, ada saja lampu motor yang menyorot ke arah mata. Kondisi tersebut bisa saja dikarenakan adanya salah setelan ketika mengganti bohlam lampu utama motor.

Jadi saat seharusnya lampu pada posisi low beam, arah sinar lampu malah ke atas, kemudian jika high beam, justru makin tinggi dari yang awal. Selain setelan bohlam atau lampu, pengaruh lain adalah karena komponen yang digunakan tidak standar.

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta, Gofur mengatakan, kasus lampu utama yang menembak ke atas jarang ditemukan saat mengganti dengan produk yang orisinal.

Baca juga: Pelanggar Lalu Lintas Ibu Kota Bisa Mulai Ditilang Hari Ini

Lampu silau keluhan sopir truk menjadi viral di dunia maya.istimewa Lampu silau keluhan sopir truk menjadi viral di dunia maya.

“Biasanya, kasus lampu yang jadinya ke atas mengganti bohlam dengan yang imitasi atau tiruan. Untuk bohlam aftermarket juga ada beberapa yang kurang bagus,” kata Gofur kepada Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Jika arah lampu ke atas, sebenarnya masih bisa disetel ketinggiannya oleh mekanik. Namun jika setelannya sudah mentok dan masih ke arah atas, sudah tidak bisa diatur lagi. Setiap motor ada setelan untuk mengatur tinggi rendahnya arah lampu depan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Jenis Pelat Nomor yang Bakal Ditilang Polisi di Jalan

“Setiap motor beda-beda setelannya. Ada yang setel lamsung lampu set naik atau turun, ada juga yang bagian dalam reflektornya yang dinaikkan atau diturunkan,” ucap Gofur.

Penyetelan tinggi lampu utama motor harus dilakukan setelah mengganti bohlamnya. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu pengguna jalan lain, karena jika silau, malah bisa membahayakan orang lain.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X