Bus dengan Bagasi Besar, Bisa Angkut Motor

Kompas.com - 10/07/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi Bagasi Bus kabarpenumpang.comIlustrasi Bagasi Bus

JAKARTA, KOMPAS.comBus dengan bagasi yang luas tentunya harus menggunakan bodi yang tinggi. Semakin tinggi bodinya, kapasitas bagasi bisa diperbesar. Namun, bus yang tinggi membutuhkan sasis yang lebih mahal dan bertenaga.

Saat ini karoseri telah membuat bodi yang memiliki bagasi luas, namun tidak perlu menggunakan bodi yang terlalu tinggi. Dengan menggunakan bodi yang tingginya sekitar 3,7 meter, bisa menggunakan sasis dengan tonase 16 ton.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, sejak 2018 sudah membuat bodi Transporter yang bagasinya bisa memuat motor namun dengan tinggi hanya 3,7 meter, seperti model biasa.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

Transporter dari LaksanaKaroseri Laksana Transporter dari Laksana

“Transporter itu desain Laksana untuk meningkatkan kapasitas bagasi walaupun dengan ukuran bus HD yang tingginya hanya 3,7 meter. Tinggi kabin disesuaikan dan ground clearance agak lebih rendah,” kata Werry kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Model bus seperti ini bisa menghemat pengeluaran perusahaan otobus (PO) saat membeli bus baru. Misalnya untuk bus dengan tinggi 3,9 meter, membutuhkan sasis dengan tonase 18 ton, tentunya harga sasis sudah lebih mahal dibanding yang 16 ton.

Adanya bodi bus seperti transporter ini bisa menjadi solusi karena hanya menggunakan sasis tonase 16 ton tetapi memiliki luas bagasi yang hampir sama dengan bus yang lebih tinggi.

Baca juga: Yamaha Nmax Bekas di Bursa Lelang Cuma Rp 8,5 Jutaan

Selain itu, penyesuaian tinggi kabin dan bagasi juga mengurangi kenyamanan dan keleluasaan dalam berkendara. Selain karoseri Laksana, Tentrem dengan Avante H8 dan Adi Putro dengan Jetbus 3+ MHD juga membuat model yang serupa.

“Avante H8 memiliki tinggi 3,8 meter dengan bagasi yang bisa menyimpan motor. Berbeda dengan yang lainnya, ground clearance H8 tidak lebih rendah,” ucap Dimas Raditya, Sales Staff karoseri Tentrem kepada Kompas.com.

Jetbus 3+ MHD sendiri merupakan singkatan dari Medium High Decker atau Motor High Decker. Memiliki tinggi yang hanya 3,7 meter namun memiliki bagasi ekstra luas yang bisa menyimpan beberapa unit motor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X