Apa Saja Fitur Canggih yang Ditawarkan Kawasaki Ninja ZX-25R?

Kompas.com - 10/07/2020, 16:30 WIB
Ninja ZX-25R Kompas.com/DonnyNinja ZX-25R

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki meluncurkan Ninja 250 4-silinder alias ZX-25R dengan beragam fitur canggih. Tapi, yang menarik adalah beberapa fiturnya tidak dapat ditemukan di motor sport 250 cc lainnya.

Fitur-fitur yang disematkan oleh Kawasaki pada Ninja ZX-25R ini sama seperti yang ada pada motor gede ( moge) supersport lainnya. Sebut saja seperti traction control, quickshifter, riding mode, dan lainnya.

Baca juga: Kawasaki Mulai Buka Pemesanan Ninja ZX-25R

Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, pengembangan Ninja ZX-25R terinspirasi dari keluarga motor supersport ZX lainnya.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Motor sport 250 cc 4-silinder ini dibekali dengan teknologi Kawasaki Traction Control (KTRC). Fitur ini tidak hanya memiliki tiga pilihan mode, tapi juga bisa dinonaktifkan untuk merasakan sensasi berkendara yang berbeda.

"Ninja ZX-25R adalah yang pertama menggunakan fitur traction control di kelas 250cc," ujar Michael, dalam presentasinya, Jumat (10/7/2020).

Fitur menarik lainnya adalah Power Mode. Ada dua pilihan mode pada fitur ini, yakni Full dan Low. Untuk mode Low, hanya menggunakan sekitar 70 persen dari potensi mesin. Sedangkan pada mode Full, putaran mesinnya lebih ringan dan bisa mencapai lebih dari 17.000 rpm.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Fitur lain yang tidak ditemukan pada motor sport 250 cc lainnya adalah quickshifter. Teknologi ini diberi nama Kawasaki Quick Shifter (KQS).

"Untuk mengakomodasi pengendara merasakan keunggulan lebih dari mesin Ninja ZX-25R, maka fitur Quick Shifter dipasang dan merupakan yang pertama di kelas 250 cc. Fitur ini berfungsi di atas 2.500 rpm," kata Michael.

Baca juga: Diskon Khusus, Kawasaki Ninja dan KLX Dijual Cuma Rp 29,9 Juta

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Selain itu, ada lagi Ram-Air System atau Ram-air Intake. Ditempatkan di tengah cowling bagian atas, fitur ini semakin mengukuhkan Ninja ZX-25R sebagai motor sport paling unggul di kelasnya.

"Ram Air Duct System dengan posisi tengah yang merupakan fitur trademark dari beberapa model Kawasaki Ninja ZX lainnya dan dirancang dari feedback Ninja H2, meningkatkan efisiensi berkontribusi pada peningkatan kinerja mesin," ujar Michael.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Pada Ninja ZX-25R juga diaplikasikan Electronic Throttle Valves. Fitur ini memberikan respons mesin yang halus dan natural. Sehingga, pengendara dapat merasakan sensasi lebih dari mesin Ninja ZX-25R.

Baca juga: Kawasaki Mulai Buka Pemesanan Ninja ZX-25R

Fitur lainnya yang mulai banyak ditemukan pada motor sport cc kecil adalah Assist & Slipper Clutch. Fitur ini dari teknologi kopling motor balap dan memberikan rasa ringan pada tuas kopling.

Assist clutch berfungsi untuk menghilangkan power loss. Sedangkan slipper clutch, berfungsi untuk mencegah roda belakang tergelincir atau selip ketika menurunkan gigi secara ekstrem.

Kawasaki menawarkan dua tipe Ninja ZX-25R, yakni Standard dan Special Edition (SE) / ABS. Tipe Standard dibanderol Rp 96 juta (OTR Jakarta), sedangkan tipe SE/ABS harganya Rp 112,9 juta (OTR Jakarta).



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X