Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pilihan Sleeper Bus yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 09/07/2020, 13:59 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelas pelayanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia saat ini semakin beragam. Dahulu sempat terkenal sleeper bus oleh perusahaan otobus (PO) Brilian pada tahun 2016, namun sudah tidak beroperasi lagi.

Namun bagi yang ingin mencoba sensasi naik bus di atas kasur, keberadaan sleeper bus saat ini masih ada di Indonesia. Perlu diketahui, sleeper bus ini berbeda dengan sleeper seat maupun suites class yang beberapa tahun terakhir ini sedang tren.

Sleeper seat dan suites class biasanya menggunakan kursi yang bisa diatur kerebahannya sampai 150 derajat. Sedangkan sleeper bus benar-benar menggunakan kasur untuk tempat penumpang duduk atau tidur.

"Di Makassar masih ada bus sleeper. Ada yang full semua kursinya sleeper dan ada juga yang cuma di bagian belakang," ucap Dimas Raditya, anggota Forum Bismania Indonesia kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Harga Sepantar, Pilih Mana Honda PCX Bekas atau Vario 150 Baru?

Sleeper bushaltebus.com Sleeper bus

Berbeda dengan suites class yang menggunakan model bus khusus, sleeper bus tetap menggunakan bodi bus pada umumnya. Pada bagian kabin sleeper bus, dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk kursi biasa dan tempat tidur.

Berikut ini PO yang memberikan pilihan kelas sleeper bus di Indonesia

1. PO Putra Jaya

PO ini menyediakan kelas paling mewah yang dinamai Vicolux dengan fasilitas kasur yang dilengkapi bantal serta guling. Pada armada yang dimiliki PO Putra Jaya, tersedia kursi biasa pada bagian depan dan empat tempat tidur yang ada di belakang.

Baca juga: Daftar Harga Sedan Bekas di Bursa Lelang, Honda City Rp 41 Juta

Susunan tempat tidurnya dibuat menumpuk agar tidak terlalu memakan ruang. Selain itu, diberikan juga sistem hiburan audio video on demand (AVOD) pada setiap tempat tidurnya. PO ini melayani trayek Makassar – Palopo

2. PO Bintang Prima

PO Bintang Prima juga berasal dari wilayah Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan bus-busnya yang mewah serta nyaman. Pada sleeper bus ini, tersedia empat sampai delapan kursi yang diletakkan pada bagian belakang bus.

Pada bagian depan sampai tengah tetap diisi kursi yang nyaman. Fasilitas yang diberikan untuk kelas sleepernya seperti bantal, guling dan selimut. PO Bintang Prima melayani trayek Makassar – Toraja.

Sleeper bus sempati starphinemo.com Sleeper bus sempati star

3. PO Sempati Star

Berbeda dengan kedua PO sebelumnya, PO Sempati Star berasal dari Medan dan memiliki trayek Medan – Aceh. Perbedaan lainnya yaitu kelas dengan tempat tidur ini hanya ada pada bodi bus double decker atau tingkat.

Jika PO Putra Jaya dan Bintang Prima letak kelas tempat tidurnya ada di belakang bus, letak kelas paling mewah di PO Sempati Star ada di depan, tepat dibelakang kursi pengemudi. Fasilitas yang disediakan kurang lebih sama, disediakan bantal, guling dan TV LCD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com