Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disuntik Mati di Jepang, Napas Honda Civic di Indonesia Masih Panjang

Kompas.com - 01/07/2020, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Civic sedan dikabarkan akan berhenti produksi di Jepang, hal ini lantaran unit tersebut sudah tidak dilirik lagi oleh konsumen di kampung halamannya.

Penjualan Civic sedan di Jepang hanya terjual 1.619 unit periode Maret 2019 - Aprol 2020. Ini menunjukkan mobil tersebut semakin tidak populer di Jepang. Lantas, bagaimana dengan nasib Honda Civic di Indonesia?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, mengatakan, tidak akan menghentikan penjualan Honda Civic dalam waktu dekat.

Baca juga: Daftar Pebalap MotoGP yang Cedera karena Main Motocross

“Sampai saat ini belum ada rencana untuk menghentikan penjualan Civic di Indonesia,” ujar Billy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/7/2020)

Pabrik HPM Karawangdok.HPM Pabrik HPM Karawang

Meski secara umum memang penjualan sedan di Indonesia tidak besar, Billy mengatakan loyalitas konsumen yang membuat pabrikan asal Jepang ini tetap mempertahankan Honda Civic hingga saat ini.

Baca juga: Bus AKAP di Lintas Sulawesi, Mewah dan Bertenaga.        

“Penjualan sebuah model di suatu negara pastinya ditentukan oleh pasar dan permintaan konsumennya masing-masing, dan sampai saat ini Civic merupakan salah satu model yg mempunyai konsumen loyal di Indonesia,” katanya.     

Billy melanjutkan, secara angka penjualan Honda sedan sedan saat kondisi normal sebelum pandemi hanya 80 unit per bulan.

“Sedangkan untuk model hatchback angka penjualan setiap bulannya adalah 120 unit,” ucap Billy.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com