Bikin Segar Mobil Bekas Tahun Tua, Sisihkan Rp 10 Juta buat Perbaikan

Kompas.com - 01/07/2020, 14:22 WIB
Mitsubishi Lancer Evo III Foto: Otodrift.comMitsubishi Lancer Evo III
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam mencari mobil bekas, konsumen wajib menyisihkan dana untuk perbaikan kendaraan. Hal ini diperlukan agar kondisi mobil sehat dan siap dipakai dalam segala kondisi.

Besaran dana yang dibutuhkan biasanya tergantung dari kondisi mobil yang kita dapat. Jika dapat mobil dengan harga lebih mahal daripada harga pasaran, biasanya kondisi masih cukup baik.

Sementara buat mobil yang dibanderol murah atau di bawah harga pasaran, tak jarang kondisinya kurang bagus. Istilahnya dijual dengan kondisi apa adanya.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Daihatsu Ayla, Servis 5 Tahun Rp 2,2 Jutaan

Ilustrasi servis mobilDOK. PEXELS Ilustrasi servis mobil

“Sebenarnya kalau cari mobil bekas, paling tidak sisihkan dana Rp 10 juta untuk perbaikan,” ucap Taufik Feby, pemilik showroom D23 Autocare di Bandung, Jawa Barat, kepada Kompas.com belum lama ini.

Taufik mengilustrasikan, jika dana yang disiapkan untuk membeli sekitar Rp 60 juta. Artinya Anda bisa mencari mobil di harga maksimal Rp 50 juta.

Menurutnya, selain untuk perbaikan mobil, jangan lupa juga sisihkan dana untuk pengurusan surat-surat kendaraan.

Baca juga: Pemprov DKI Ketar-ketir Soal Kelanjutan Ganjil Genap Jakarta

Ilustrasi overhaul mesin mobilwww.easternrangesmotors.com.au Ilustrasi overhaul mesin mobil

“Namanya mobil lawas, usia sudah 20 tahunan pasti banyak yang harus ganti. Estimasi saja, untuk ban bisa habis Rp 2 juta, ganti semua oli dan servis Rp 2 juta, serta perbaikan kaki-kaki sekitar Rp 2 juta,” katanya.

“Belum lagi kalau bodi-bodi ada yang rusak atau harus ngecat, perkiraan juga sekitar Rp 2 juta. Kalau mobil benar-benar sudah sehat, seenggaknya kita juga butuh buat balik nama atau bayar pajak,” ujar Taufik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X