Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Disepelekan, Fungsi Penting Menutup Kaca Helm

Kompas.com - 01/07/2020, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor tentunya wajib menggunakan helm untuk menjaga keselamatan. Model helm yang umum ditemukan di Indonesia yaitu full face dan open face, keduanya biasa disertai oleh kaca helm atau visor.

Beberapa orang yang berkendara kadang membuka visornya agar merasakan angin mengenai mukanya. Padahal visor sebenarnya memiliki fungsi penting dalam keselamatan berkendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, kaca helm memiliki peran yang sangat penting, walaupun kadang disepelekan oleh pengendara.

Baca juga: Harga Ninja 250, CBR 250, dan R25 Bekas, Mulai Rp 20 Jutaan

Manfaat pakai intercom helm untuk pemotorGridOto Manfaat pakai intercom helm untuk pemotor

Kaca helm dapat mencegah mata kita dari debu dan binatang-binatang kecil yang terbang di jalanan. Selain itu, pandangan menjadi lebih fokus karena mata tidak terkena angin,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Selain menghindari debu, visor dapat membantu melindungi mata dari benda-benda lain. Misalnya ketika berkendara, bisa saja ada batu yang terlempar dari ban belakang kendaraan di depan. Jika ada visor, batu tersebut tidak langsung mengenai mata pengendara.

Baca juga: Akrapovic Ungkap Tenaga Ninja 250 4-Silinder Saat Dyno Test

“Kemudian, kaca helm juga membantu saat hujan karena mencegah air masuk dan mengganggu pandangan. Jika air masuk, pengendara bisa kehilangan konsentrasi, dan itu bisa bahaya,” ucap Agus.

Agus mengatakan, visor boleh saja dibuka atau ditutup ketika motor sedang berhenti, tergantung kebiasaan dari pengendaranya. Namun, ketika kembali berjalan, sebaiknya visor ditutup agar aman tidak terganggu debu dari luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com