Daftar Pebalap MotoGP yang Cedera karena Main Motocross

Kompas.com - 01/07/2020, 14:01 WIB
Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocross IstimewaMeski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocross

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP sangat menjaga kondisi fisiknya. Bahkan, para pebalap ini dilarang berkegiatan yang ekstrem untuk menghindari cedera agar tidak absen dan tetap prima saat balapan.

Meski demikian, banyak yang mengambil risiko tersebut. Menurut para pebalap, latihan dengan menggunakan motocross banyak manfaatnya. Tak hanya melatih fisik, tapi juga mengasah naluri.

Baca juga: Alasan Ducati Kasih Izin Dovi Main Motocross Sampai Mengalami Cedera

Namun, tak banyak juga akhirnya yang mengalami cedera, mulai dari memar, dislokasi, retak, atau bahkan patah tulang.

Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocrossIstimewa Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocross

Marco Bezzecchi, pebalap Sky VR46, terjatuh belum lama ini dan mengalami patah pada pergelangan kaki kanannya. Beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Maret, Maverick Vinales juga sempat menghabiskan satu malam di rumah sakit. Untungnya, tidak ada cedera serius.

Motocross menganding aksi berbahaya, yakni pada saat melompat. Jika salah dalam melakukan pendaratan, maka fatal akibatnya. Hal tersebut pernah terjadi pada Valentino Rossi beberapa kali.

Baca juga: Sambut MotoGP 2020, Bahu Marc Marquez Sudah Sembuh

Rossi mengalami cedera di bagian dada karena salah saat melakukan pendaratan, ini terjadi sebelum GP Mugello 2017. Pada tahun yang sama, Rossi mengalami patah tulang kering dan fibula, yang membuatnya harus absen di GP Misano. Di 2010, Rossi kembali mengalami cedera di bagian bahu.

Andrea Dovizioso yang belum lama ini mengalami cedera karena latihannya menggunakan motocross juga pernah beberapa kali mengalami cedera. Sebenarnya, Dovi pun awalnya merupakan pebalap motocross sejak kecil. Dovi pernah mengalami patah tulang selangka di tahun 2012.

Bahkan, pebalap yang dijuluki "Baby Alien" pun tak luput dari cedera akibat motocross. Marc Marquez patah di bagian jari pada tahun 2015, sebelum balapan di GP Jerez. Meski demikian, Marquez masih sanggup naik podium.

Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocrossIstimewa Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocross

Di tahun 2015, Franco Morbidelli juga harus absen pada GP Silverstone karena mengalami patah tulang tibia dan fibula. Sedangkan Aleix Espargaro, di November tahun yang sama, mengalami cedera punggung dan harus absen sesi tes di Sepang.

Tahun 2017, Alex Rins mengalami patah tulang di bagian kaki. Sedangkan Jack Miller, patah tulang tibia dan fibula. Keduanya harus absen dalam sesi tes di Sepang.

Awal tahun lalu, Jorge Lorenzo juga cedera karena motocross. Pebalap yang belum lama ini pensiun mengalami patah tulang di bagian pergelangan tangan dan menjalani operasi pada Januari.

Daftar pebalap di atas belum lengkap, dan masih ada banyak lagi contoh lainnya.



Sumber gpone
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X