Ini Fungsi Tuas pada Spion Tengah Mobil, Bukan Sekadar Mengatur Posisi

Kompas.com - 23/06/2020, 12:41 WIB
Ksca spion konvensional pada mobil akan digantikan dengan teknologi video streaming yang membuat mobil bakal tanpa kaca spion. LeftlanenewsKsca spion konvensional pada mobil akan digantikan dengan teknologi video streaming yang membuat mobil bakal tanpa kaca spion.

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi spion tidak lepas dari aspek keselamatan berkendara. Namun, tidak banyak pemilik mobil yang mengenal baik fungsi dan fitur yang ada pada spion.

Pada beberapa jenis mobil, terdapat tuas kecil pada spion tengah. Fungsi tuas ini sebenarnya cukup penting dibandingkan sekadar mengatur posisi spion.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Spion di Kap Mesin

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, fungsi utama tuas tersebut adalah untuk membantu meredam cahaya silau dari lampu kendaraan lain di belakang.

fungsi spion tengah pada kabins515i.com fungsi spion tengah pada kabin

“Saat kita berkendara di malam hari, terkadang pengemudi di belakang gemar memainkan lampu jauh atau high-beam. Dalam kondisi tertentu, ini bisa sangat mengganggu karena pantulan cahayanya bila masuk kabin, dan terpantul kaca spion tengah akan bikin silau,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Suparna menambahkan, untuk menangkal silau dari pantulan lampu jauh mobil belakang, cukup dengan menekan tuas kecil tersebut. Pancaran sinar lampu yang masuk kabin akan dibiaskan dan membuat intesitas cahaya berkurang.

Baca juga: Ganti Spion Motor, Jangan Cuma Alasan biar Keren

“Dengan begitu, pengendara tidak akan merasa terlalu silau, sebab pantulan sinarnya sudah direduksi terlebih dahulu di kaca belakang mobil,” kata Suparna.

Menurut Suparna, fungsi tuas tersebut sangat membantu dalam hal keselamatan berkendara. Sebab, menyangkut visibilitas pengemudi.

Tuas ini umumnya terdapat pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah menggunakan spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi,” ujar Suparna.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X