Ganti Spion Motor, Jangan Cuma Alasan biar Keren

Kompas.com - 22/06/2020, 16:22 WIB
Spion bar end Foto: Shopee Spion bar end
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Spion motor model bar end yang terletak di ujung setang sedang ramai dipakai pengendara motor. Spion kecil membuat tampilan motor jadi lebih sleek dan gaya.

Tak cukup memakai model bar end alias spion jalu. Letak kaca spionnya pun diletakkan terbalik di bawah setang.

Baca juga: Toyota Fortuner 2019 Diskon Rp 55 Juta, Mending Beli Baru atau Bekas?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion (SRP) Wahana, mengatakan, sebelum mengganti spion pabrikan, baiknya pahami fungsi spion sebagai alat bantu pandang ke arah belakang.

Spion JaluFathan Spion Jalu
Drat pada spion motor Yamaha dibuat terbalik.Kompas.com/Donny Drat pada spion motor Yamaha dibuat terbalik.

"Spion yang dikeluarkan pabrikan saja memiliki keterbatasan pandangan, ada area blindspot, sehingga kita tidak bisa melihat seluruh lingkungan berkendara kita," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pada dasarnya, kata Agus, tak masalah menganti spion pabrikan. Hanya saja pastikan dari segi ukuran sampai lokasi penampatannya, spion tersebut tetap dapat melihat jelas ke arah belakang.

"Sehingga tetap nyaman melihat bagian belakang kita," katanya.

Baca juga: Ingat Lagi Bahaya Menyalip Kendaraan dari Kiri

Spion jalurodagembira.com Spion jalu

Meski tidak mengapa mengganti ukuran spion, tetap pertimbangkan beberapa faktor. Agus, menyebut spion yang terlalu kecil tidak maksimal dan terlalu besar tidak efisien.

"Ukurannya juga disesuaikan, jangan terlalu kecil. Sebab, pastinya mengurangi pandangan, dan jangan terlalu besar juga, karena akan mengganggu kestabilan kendaraan," kata Agus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X