Masih Norak, Enggak Tahu Posisi Tuas dan Lubang Tangki BBM di Mobil?

Kompas.com - 12/06/2020, 12:02 WIB
Tuas untuk membuka tangki BBM KOMPAS.com/Aprida Mega NandaTuas untuk membuka tangki BBM

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik kendaraan baru atau pengemudi pemula merasakan beberapa masalah dasar ketika mengemudi.

Salah satu yang sering ditemui adalah kebingungan dalam mengetahui letak poisisi tuas dan lubang pengisian bahan bakar ketika di SPBU.

Kondisi tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan mempelajari tentang kendaraan terlebih dahulu melalui buku manual. Namun, kebiasaan itu kerap kali diabaikan oleh pemilik kendaraan.

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengatakan, letak tuas untuk membuka tangki bahan bakar pada beberapa jenis mobil bisa sama tetapi bisa juga berbeda.

Baca juga: Hal Sepele yang Sering Diabaikan Perempuan Saat Berkendara

“Biasanya tuas tersebut terdapat di bagian kanan bawah kursi pengemudi, kebanyakan tipe mobil sedan dan Multi Purpose Vehicle (MPV) posisi tuas tangkinya bersebalahan atau berdekatan dengan handle untuk membuka kap mesin,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Posisi tutup tangki bensin di mobilStanly/Otomania Posisi tutup tangki bensin di mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Namun ada juga kendaraan yang tidak menggunakan tuas karena mekanismenya ada pada tutup bensin (teknikal), biasanya terdapat pada mobil-mobil premium,” lanjutnya.

Baca juga: Ladies, Ini Cara Aman Bonceng Pakai Motor Sport

Tidak hanya itu saja, ada cara mudah untuk mengetahui di mana posisi tutup lubang tangki bensin.

“Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion atau bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indokator,” kata Didi.

Pada panel indikator terdapat gambar berbentuk dispenser SPBU, yang di salah satu sisinya, bagian kanan atau kiri terdapat petunjuk lokasi lubang tangki berbentuk segitiga.

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” ujar Didi.

Maka dari itu, sebaiknya pengemudi mobil pahami kendaraan baik-baik agar bisa memudahkan operasional.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.