Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Norak, Enggak Tahu Posisi Tuas dan Lubang Tangki BBM di Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik kendaraan baru atau pengemudi pemula merasakan beberapa masalah dasar ketika mengemudi.

Salah satu yang sering ditemui adalah kebingungan dalam mengetahui letak poisisi tuas dan lubang pengisian bahan bakar ketika di SPBU.

Kondisi tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan mempelajari tentang kendaraan terlebih dahulu melalui buku manual. Namun, kebiasaan itu kerap kali diabaikan oleh pemilik kendaraan.

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengatakan, letak tuas untuk membuka tangki bahan bakar pada beberapa jenis mobil bisa sama tetapi bisa juga berbeda.

“Biasanya tuas tersebut terdapat di bagian kanan bawah kursi pengemudi, kebanyakan tipe mobil sedan dan Multi Purpose Vehicle (MPV) posisi tuas tangkinya bersebalahan atau berdekatan dengan handle untuk membuka kap mesin,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

“Namun ada juga kendaraan yang tidak menggunakan tuas karena mekanismenya ada pada tutup bensin (teknikal), biasanya terdapat pada mobil-mobil premium,” lanjutnya.

Tidak hanya itu saja, ada cara mudah untuk mengetahui di mana posisi tutup lubang tangki bensin.

“Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion atau bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indokator,” kata Didi.

Pada panel indikator terdapat gambar berbentuk dispenser SPBU, yang di salah satu sisinya, bagian kanan atau kiri terdapat petunjuk lokasi lubang tangki berbentuk segitiga.

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” ujar Didi.

Maka dari itu, sebaiknya pengemudi mobil pahami kendaraan baik-baik agar bisa memudahkan operasional.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/12/120200615/masih-norak-enggak-tahu-posisi-tuas-dan-lubang-tangki-bbm-di-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke