Hino Latih Sopir Pura Trans Teknik Pintar Mengemudi Truk

Kompas.com - 10/06/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan truk sering terjadi dengan alibi kurangnya kemampuan atau teknik mengemudi sopir. Untuk mengantisipasi ini, PT Putra Rajawali Kencana Tbk (Pura Trans) menggandeng PT Hino Motors Sales Indonesia mengadakan pelatihan teknik mengemudi pintar alias Smart Driving Training.

Pelatihan yang diberikan ke sopir, dimulai dari pengenalan kendaraan hingga perbaikan ringan.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, sopir bisa meningkatkan kinerja dalam pengendalian kendaraan terkait keselamatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Honda Vario 125 dan Vario 150 Pakai Baju Baru

Pelatihan sopir truk onlineRatna Hidayati Pelatihan sopir truk online

Corporate Secretary PT Putra Rajawali Kencana Tbk, Ratna Hidayati mengatakan, sangat penting untuk memiliki sopir yang andal dalam usaha transportasi.

“Keberlangsungan usaha transportasi salah satunya dukungan sopir yang andal. Sangat penting melatih sopir kami agar bisa berkeselamatan dalam berkendara,” kata Ratna dalam siaran resmi.

Ratna berharap, melalui pelatihan ini sopir mampu memahami bagaimana berkendara berkesalamatan dan memerhatikan kepentingan orang lain.

Baca juga: Ojol Dilarang Beroperasi di Zona Merah Jakarta, Ini Daftarnya

Karena keselamatan itu hak seluruh pihak yang terlibat, mulai dari sopir itu sendiri, pemilik muatan yang diangkut, juga orang lain yang berpapasan atau dilintasi saat berkendara.

Hino Training Center Division Head, Pieter Andre mengatakan, pengadaan pelatihan untuk sopir merupakan dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mengendarai unit truk, terutama fokus pada keselamatan berkendara dan efisiensi.

“Ke depannya, Hino Academy akan memberikan support pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya hard skill, namun juga peningkatan soft skill dan attitude driver,” kata Pieter.

Pieter juga menjelaskan, seperti pelatihan yang diberikan untuk Pura Trans berfokus pada pengetahuan dan diskusi mengenai kendala-kendala yang dialami di lapangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.