Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Baru Keluar dari Diler Tak Boleh Langsung Dicuci?

Kompas.com - 09/06/2020, 13:41 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan mobil salah satunya, yaitu mencuci secara rutin. Meski terkesan sepele, menghilangkan kotoran dari kendaraan roda empat ini juga bisa menjaga komponen dan menghindarkan dari berbagai kerusakan yang mengancam.

Terlebih jika kondisi mobil merupakan keluaran lama di mana usia komponennya juga harus dijaga agar tetap prima.

Tetapi, bagaiamana perlakuan untuk mobil yang baru keluar dari diler apakah tidak boleh langsung dicuci?

Banyak yang masih beranggapan bahwa mobil baru tidak boleh dicuci dengan berbagai alasan yang dipercaya.

Baca juga: Jaga Jarak Pengguna Motor di Tuban Mirip Start Balapan MotoGP

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, bahwa anggapan tersebut tidaklah benar atau mitos belaka.

Suparna menyampaikan, setiap mobil mendapatkan perawatan yang sesuai standar dari setiap pabrikan. Tentunya sangat aman untuk bagian luar (eksterior) maupun dalam (interior).

Mencuci Mobil di AutoglazeKOMPAS.com / Aditya Maulana Mencuci Mobil di Autoglaze

Mobil baru tidak boleh dicuci? Kalau di bengkel Auto2000 semua mobil baru selalu dicuci. Baik saat berada di stockyard untuk menjaga tetap terjaga kebersihan dan kualitasnya,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Mencuci mobil yang baru turun dari diler tidak masalah selama sabun yang digunakan juga sesuai dengan spesifikasi. Jangan sampai menggunakan sabun sembarangan yang justru bisa merusakan bagian catnya.

“Asal shampo atau sabun yang digunakan sesuai tidak masalah, kecuali kalau pakai deterjen jelas bisa merusak catnya,” ucapnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Perlukah Semprot Disinfektan di Kabin Mobil?

Menggunakan deterjen untuk mencuci mobil memang sangat tidak disarankan. Hal ini karena, kandungan yang ada di dalam deterjen bisa saja merusak cat mobil.

"Jangankan mobil baru, mobil lama pun kalau dicuci menggunakan deterjen juga bisa rusak catnya," tuturnya.

Suparna menambahkan, untuk mobil baru mencucinya tidak perlu menggunakan shampo cukup mengguyurnya menggunaan air bersih saja sudah cukup.

Mencuci mobil sendiriwww.automercatotorino.it Mencuci mobil sendiri

“Semua mobil baru sudah ada clear coat sebagai pelindung dan pasti aman, kalau ada yang melapisi pakai lapisan nano, lapisan tambahan double clear pasti lebih aman lagi. Cukup mengguyurnya menggunakan air bersih saja tidak apa-apa,” katanya.

Baca juga: Biar Tak Salah, Ini Beda Blanko Tilang dan Surat Teguran PSBB

Hal yang sama disampaikan oleh Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Didi menambahkan, tidak ada larangan mencuci mobil baru.

“Mungkin karena masih baru, jadinya masih eman-eman kalau mau dicuci. Toh selama stok, mobil itu juga sudah dipindah-pindahkan,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com