Mitos atau Fakta, Mobil Baru Keluar dari Diler Tak Boleh Langsung Dicuci?

Kompas.com - 09/06/2020, 13:41 WIB
mobil baru di tokyo motor show 2019 KOMPAS.com / Stanlymobil baru di tokyo motor show 2019
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan mobil salah satunya, yaitu mencuci secara rutin. Meski terkesan sepele, menghilangkan kotoran dari kendaraan roda empat ini juga bisa menjaga komponen dan menghindarkan dari berbagai kerusakan yang mengancam.

Terlebih jika kondisi mobil merupakan keluaran lama di mana usia komponennya juga harus dijaga agar tetap prima.

Tetapi, bagaiamana perlakuan untuk mobil yang baru keluar dari diler apakah tidak boleh langsung dicuci?

Banyak yang masih beranggapan bahwa mobil baru tidak boleh dicuci dengan berbagai alasan yang dipercaya.

Baca juga: Jaga Jarak Pengguna Motor di Tuban Mirip Start Balapan MotoGP

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, bahwa anggapan tersebut tidaklah benar atau mitos belaka.

Suparna menyampaikan, setiap mobil mendapatkan perawatan yang sesuai standar dari setiap pabrikan. Tentunya sangat aman untuk bagian luar (eksterior) maupun dalam (interior).

Mencuci Mobil di AutoglazeKOMPAS.com / Aditya Maulana Mencuci Mobil di Autoglaze

Mobil baru tidak boleh dicuci? Kalau di bengkel Auto2000 semua mobil baru selalu dicuci. Baik saat berada di stockyard untuk menjaga tetap terjaga kebersihan dan kualitasnya,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Mencuci mobil yang baru turun dari diler tidak masalah selama sabun yang digunakan juga sesuai dengan spesifikasi. Jangan sampai menggunakan sabun sembarangan yang justru bisa merusakan bagian catnya.

“Asal shampo atau sabun yang digunakan sesuai tidak masalah, kecuali kalau pakai deterjen jelas bisa merusak catnya,” ucapnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Perlukah Semprot Disinfektan di Kabin Mobil?

Menggunakan deterjen untuk mencuci mobil memang sangat tidak disarankan. Hal ini karena, kandungan yang ada di dalam deterjen bisa saja merusak cat mobil.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X