Mobil Keluaran Terbaru Tak Perlu Dipanaskan, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 09/06/2020, 14:00 WIB
Posisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir WikipediaPosisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif terus mengalami perkembangan di setiap waktunya. Hal ini mendorong lahirnya produk-produk otomotif yang sudah menyematkan teknologi terbaru.

Mesin-mesin dengan kemampuan yang lebih bagus juga didukung dengan perangkat elektronik yang canggih sehingga semakin memudahkan para pemiliknya saat berkendara.

Tak hanya itu, tingkat keamanan saat berkendara pun juga menjadi hal yang terus dikembangkan guna mencegah terjadinya kecelakaan fatal.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai Bisa Lebih Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

Dengan berbagai kemampuan yang semakin canggih ini, tentunya ada sejumlah perlakuan yang berbeda dibandingkan dengan mobil lawas.

Termasuk salah satunya adalah kebiasaan sebelum menggunakan mobil untuk beraktivitas.

Apakah mobil keluaran terbaru juga masih perlu dipanaskan sebelum dikendarai?

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha mengatakan, untuk mobil keluaran terbaru sudah tidak perlu lagi dipanaskan sebelum digunakan.

Salah satu alasannya karena mobil tersebut sudah menggunakan teknologi terbaru yang lebih canggih dibandingkan dengan keluaran lama.

Ilustrasi menyalakan mesin mobildoityourself.com Ilustrasi menyalakan mesin mobil

"Menghidupkan mobil sebenarnya lebih untuk merawat baterai ( aki) agar selalu dalam kondisi terisi. Pengisian aki oleh alternator akan lebih baik apabila mobil dalam kondisi berjalan," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sapta menambahkan, mobil generasi fuel injection sudah didukung oleh computerized sehingga tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai menginjak gas dalam-dalam atau menggeber-gebernya.

Baca juga: Waktu Ideal Memanaskan Mesin Motor Sebelum Mulai Beraktivitas

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X