Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Keluaran Terbaru Tak Perlu Dipanaskan, Mitos atau Fakta?

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif terus mengalami perkembangan di setiap waktunya. Hal ini mendorong lahirnya produk-produk otomotif yang sudah menyematkan teknologi terbaru.

Mesin-mesin dengan kemampuan yang lebih bagus juga didukung dengan perangkat elektronik yang canggih sehingga semakin memudahkan para pemiliknya saat berkendara.

Tak hanya itu, tingkat keamanan saat berkendara pun juga menjadi hal yang terus dikembangkan guna mencegah terjadinya kecelakaan fatal.

Dengan berbagai kemampuan yang semakin canggih ini, tentunya ada sejumlah perlakuan yang berbeda dibandingkan dengan mobil lawas.

Termasuk salah satunya adalah kebiasaan sebelum menggunakan mobil untuk beraktivitas.

Apakah mobil keluaran terbaru juga masih perlu dipanaskan sebelum dikendarai?

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha mengatakan, untuk mobil keluaran terbaru sudah tidak perlu lagi dipanaskan sebelum digunakan.

Salah satu alasannya karena mobil tersebut sudah menggunakan teknologi terbaru yang lebih canggih dibandingkan dengan keluaran lama.

"Menghidupkan mobil sebenarnya lebih untuk merawat baterai (aki) agar selalu dalam kondisi terisi. Pengisian aki oleh alternator akan lebih baik apabila mobil dalam kondisi berjalan," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sapta menambahkan, mobil generasi fuel injection sudah didukung oleh computerized sehingga tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai menginjak gas dalam-dalam atau menggeber-gebernya.

"Hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman sekarang tidak lagi menggunakan karburator," ucapnya.

Pada mobil keluaran anyar terdapat valve adjuster yang berfungsi menahan oli agar tidak langsung turun ke penampungan (carter). Sehingga saat mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin.

Oli pun kini bisa lebih cepat naik ke mesin karena didukung teknologi oil pump yang lebih baik.

"Jadi untuk menghidupkan mesin, sekarang ini sudah didukung oleh sensor-sensor, seperti temperatur lingkungan, temperatur oli dan sebagainya sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin," tuturnya.

Senada disampaikan oleh Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi.

Menurutnya, mobil-mobil sekarang ini tidak perlu repot-repot harus memanaskannya setiap hari atau sebelum dikendarai.

"Mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari, karena tujuan memanaskan mesin untuk oli bersirkulasi dengan baik,” katanya.

Sedangkan, Didi menambahkan, untuk mobil tahun 90-an keatas mesinnya sudah dilengkapi dengan one way valve. Sehingga oli dari atas tidak akan turun ke penampungan oli saat mesin dimatikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/09/140000015/mobil-keluaran-terbaru-tak-perlu-dipanaskan-mitos-atau-fakta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke