Bebas Denda Pajak Kendaraan di Jateng Berlaku sampai Juli 2020

Kompas.com - 20/05/2020, 17:02 WIB
Jateng bebas BBNKB dan Denda Pajak Kendaraan bermotor @bapenda_jatengJateng bebas BBNKB dan Denda Pajak Kendaraan bermotor
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com- Badan Pengelola Pendapatan Daerah ( Bapenda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan menghentikan pelayanan pajak kendaraan selama libur Lebaran mulai Kamis-Senin (21-25/5/2020).

Pelayanan pajak kendaraan di kantor Sistem Manunggal Satu Atap ( Samsat) seluruh Jateng akan kembali dibuka pada Selasa (26/5/2020).

Meski begitu, bagi pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak kendaraan tetap bisa menggunakan pembayaran online atau dengan aplikasi Sakpole.

Baca juga: Catat, Bebas Denda Pajak Kendaraan di Jakarta sampai Akhir Mei 2020

Sementara bagi yang tidak bisa menggunakan sistem online, tetap bisa membayar saat pelayanan di kantor Samsat dan tidak akan dikenakan sanksi atau denda administrasi.

Hal ini karena Bapenda sudah mengeluarkan kebijakan pemberian insentif berupa penghapusan denda pajak kendaraan dan bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB).

Aplikasi SAKPOLE merupakan aplikasi untuk pajak kendaraan bermotor secara online di Jawa Tengah. Ari Purnomo Aplikasi SAKPOLE merupakan aplikasi untuk pajak kendaraan bermotor secara online di Jawa Tengah.

Kebijakan yang berlaku di seluruh wilayah Jateng ini akan berlaku hingga 16 Juli 2020. Sehingga, bagi pemilik kendaraan yang masih menunggak pajak atau ingin balik nama bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Kepala Bapenda Pemprov Jateng Tavip Supriyanto mengatakan, pembebasan denda dan bea BBNKB ini mengacu pada Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembebasan BBNKB II Dalam dan Dari Luar Provinsi Jawa Tengah dan Pembebasan Sanksi PKB.

“Kebijakan itu berlaku selama lebih kurang lima bulan yakni mulai Senin (17/2/2020) mendatang dan akan berakhir pada 16 Juli 2020 mendatang,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: Catat, Ini Mekanisme Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di Yogyakarta

Tavip menambahkan, untuk pembayaran pajak kendaraan juga bisa dilakukan 60 hari sebelum jatuh tempo atau melalui aplikasi yang sudah tersedia.

“Kami minta seluruh kepala UPPD agar agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pajak kendaraan bisa dilakukan 60 hari sebelum jatuh tempo atau jika ingin membayar saat libur Lebaran bisa menggunakan aplikasi Sakpole,” ujarnya.

Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X