Ditlantas Polda Jatim Paksa 9.960 Kendaraan Putar Balik, Terbanyak di Ngawi

Kompas.com - 17/05/2020, 12:04 WIB
Sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota  melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat,  Selasa (23/5/2019) malam. KOMPAS.com/BUDIYANTOSejumlah anggota Polres Sukabumi Kota melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (23/5/2019) malam.
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim) memaksa 9.960 kendaraan putar balik selama pelaksanaan Operasi Ketupat.

Dari jumlah tersebut ruas tol dan jalan arteri di Ngawi menjadi jalur favorit yang banyak dilintasi oleh para pemudik dengan mencapai 6.073 kendaraan yang diminta putar balik.

Menjelang hari raya Idul Fitri penyekatan kendaraan akan semakin ditingkatkan, termasuk melakukan pemeriksaan secara detail terhadap kendaraan angkutan barang maupun transportasi umum.

Baca juga: Penyedia Jasa Truk Towing Menolak Jika Disewa oleh Pemudik

Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, sejak pelaksanaan Operasi Ketupat 24 April 2020 sedikitnya ada delapan titik penyekatan kendaraan yang dijaga oleh petugas.

Pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Kota Pekanbaru, Riau, di perbatasan Pekanbaru-Kampar dalam rangka PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19, Jumat (17/4/2020).KOMPAS.COM/IDON Pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Kota Pekanbaru, Riau, di perbatasan Pekanbaru-Kampar dalam rangka PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19, Jumat (17/4/2020).

Di antaranya di ruas tol dan jalar arteri Ngawi, Magetan (Cemoro Sewu), Ponorogo (Badegan), Bojonegoro (Cepu), Pacitan (kec. Donorojo), Tuban (kec. Bancar) dan Banyuwangi (pel. Ketapang).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ada 9.960 kendaraan yang diminta putar balik selama Operasi Ketupat ini,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/5/2020).

Dari jumlah tersebut, kendaraan pribadi khususnya roda empat masih banyak yang melintas untuk pulang ke kampung halamannya yakni mencapai 7.014 kendaraan.

Baca juga: Nekat Pakai Truk Towing untuk Mudik, Kendaraan Disita dan Denda Rp 500.000

Sementara, untuk kendaraan umum atau bus sudah relatif berkurang atau bahkan sudah jarang yang melintas yaitu sebanyak 377 kendaraan.

“Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebanyak 2.569 kendaraan,” ujarnya.

Sementara, lokasi yang paling banyak dilintasi kendaraan pemudik adalah di ruas tol maupun arteri di Ngawi dengan jumlah mencapai 6.073 kendaraan.

Armada bus KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Armada bus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.