Selama PSBB, Layanan Servis Rumah Mitsubishi Naik Signifikan

Kompas.com - 12/05/2020, 11:22 WIB
Mitsubishi siapkan layanan home service di tengah pandemi corona MMKSIMitsubishi siapkan layanan home service di tengah pandemi corona
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 76 jaringan diler PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) sudah mulai beroperasi kembali sejak mendapat izin dari Kementerian Perindustrian ( Kemenperin).

Namun demikian, hingga saat ini ternyata pelayanan yang paling laris dinikmati justru didominasi oleh fasilitas jemput bola, yakni home service dan pick-up service.

Ronald Reagan, Head of After Sales Planning & Marketing Department MMKSI, menjelaskan bila kedua layanan tersebut meningkat drastis sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) baik di Jakarta, dan kota lainnya.

Baca juga: Banyak Begal Pecah Kaca, Simak Tips Aman Menyimpan Barang di Mobil

"Peningkatan servis keduanya 18-20 persen kalau dibandingan kondisi normal biasa ya. Ini tentunya juga menunjukkan kalau konsumen tetap membutuhkan perawatan di masa PSBB, dan menjadi bukti juga kalau konsumen taat dengan aturan PSBB," kata Ronald ketika diskusi virtual dengan media, Senin (11/5/2020).

Bengkel Mitsubishi di diler Arista Sukses Mandiri Aceh.MMKSI Bengkel Mitsubishi di diler Arista Sukses Mandiri Aceh.

Menurut Ronald, adanya perubahan pola layanan servis dari konsumen tidak menjadi suatu kendala bagi Mitsubishi. Bahkan ke depannya, layanan seperti ini diprediksi juga akan menjadi suatu hal baru atau new normal bagi bisnis pelayanan Mitsubishi.

Karena itu, MMKSI juga saat ini sedang melakukan pengadaan Triton baru yang akan digunakan seabgai unit peremajaan layanan home service yang nantinya juga bakal dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang lebih lengkap lagi.

Layanan home service sendiri paling banyak diakses untuk kepentingan perawatan berkala. Rata-rata konsumen yang menggunakan fasilitas ini untuk melakukan servis 10.000 kilometer, dan perawatan ringan lainnya.

Baca juga: Mobil Matik Terparkir Lama, Sebaiknya Posisi Transmisi di N atau P?

"Layanan ini memang lebih yang sifatnya pengerjaan ringan, dalam arti tidak membutuhkan tools berat seperti lift untuk angkat kendaraan dan lainnya. Kalau memang mobil konsumen harus diperbaiki di bengkel, maka bisa gunakan layanan pick-up service," ujar Ronald.

Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)MMKSI Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)

Meningkatnya layanan home service, juga dibarengi dengan tingginya permintaan melalui jalur digital, yakni dari aplikasi mobile milik Mitsubishi. Secara kontribusi diakui Ronald mencapai 55 persen dari kueri yang disediakan pada aplikasi.

Bila diakumulasi dengan akses media sosial MMKSI yang saat ini juga tumbuh 10 persen, maka total kenaikan konsumen Mitsubishi yang mulai mengakses secara digital mencapai 65 persen.

"Artinya 65 persen konsumen saat ini soal ekspektasinya bisa mendapatkan informasi atau dapat update terkait program baru melalui informasi digital," kata Ronald.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X