Jangan Mudah Tertipu, Pahami Perbedaan Kaca Film Asli dan Palsu

Kompas.com - 12/05/2020, 07:42 WIB
Kaca film Wincos dengan tipe baru yang membidik segmen harga tengah. KompasOtomotif-Donny AprilianandaKaca film Wincos dengan tipe baru yang membidik segmen harga tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak beredar kaca film palsu yang dijual di pasaran. Terutama untuk salah satu merek yang cukup marak di kalangan konsumen.

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar tidak tertipu. Owner Authorized 3M Dealer Kedoya, Martin, memberikan beberapa tips mudah yang bisa di terapkan ketika ingin memilih kaca film.

“Sebenarnya, kalau untuk orang awam pasti akan sulit membedakan. apalagi untuk 3M ini banyak beredar yang palsu di pasar. Cara paling mudah untuk membedakannya bisa dilihat dari logonya. Kalau yang asli font nya tidak begitu besar, dan pixelnya juga rapih,” ujar Martin saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: 76 Diler Mitsubishi Kantongi Izin Beroperasi di Tengah PSBB

Proses pemasangan kaca film 3MKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film 3M

Martin melanjutkan, sedangkan untuk kaca film yang palsu font-nya itu lebih besar dan pixel nya terlihat seperti yang dipaksakan. Jadi ketika di print nya nantinya akan pecah.

Selain dari font, kaca film yang asli dan palsu juga memiliki perbedaan bahan yang cukup signifikan.

Baca juga: Ini Alasan GIIAS 2020 Tetap Digelar

“Kalau dari segi bahan yang asli itu lebih kaku, lebih tebal. Dari segi suara juga beda, kalau kita tekuk suaranya lebih padat. Sedangkan, kalau yang palsu bahannya lebih tipis, seperti kantong plastik kresek. Suaranya pun juga lebih renyah,” kata Martin.

Untuk lebih memastikannya lagi, Martin menjelaskan, ada alat khusus untuk tes keaslian dari kaca film itu sendiri yaitu Transmission Metter. Dengan alat tersebut kita bisa mengetahui kualitas kaca film mulai dari tingkat kebeningan hingga kemampuan kaca film menolak panas sinar matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.