Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Rem Blong, Motor Tersangkut di Atap Rumah

Kompas.com - 03/05/2024, 08:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor mengalami rem blong dan melaju tidak terkendali sebelum menabrak jemuran warga di Dusun Ngipik, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dikutip dari Kompas.com, Supawit, salah satu warga mengatakan, kejadian ini terjadi pada hari Rabu (1/5/2024) sekitar pukul 16.30 WIB.

"Pengendara namanya Elsa Maharani luka di bagian kaki dan punggung langsung dapat perawatan, untuk pembonceng tidak terlalu parah," katanya dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/5/2024).

Baca juga: BYD Pastikan Kesiapan 10.000 unit Mobil Listrik untuk PLN

Video pengendara skutik alami rem blong(instagram.com/achmad_subechi) Video pengendara skutik alami rem blong

Dia juga mengatakan, motor tersebut dinaiki dua perempuan melaju dari atas, sesampainya di jalan turunan, sepeda motor tidak bisa dikendalikan dan akhirnya menabrak tiang jemuran milik warga.

“Infonya dari Candi Gedongsongo, mau pulang dan turu. Dari atas itu sudah mengalami rem blong,” katanya.

Pemilik rumah yang rusak akibat kejadian tersebut menyatakan, peristiwa rem blong memang sering terjadi setelah mengunjungi Candi Gedongsongo, tapi yang pali parah ini.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, disarankan sebelum perjalanan menggunakan motor melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

“Sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan selalu mengecek motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang, agar kendaraan yang kita gunakan lebih aman,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bluebird Pasang Target Kurangi Emisi hingga 50 Persen di 2030


Agus juga mengatakan, jika terlanjur mengalami rem blong ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan yang pertama adalah jangan langsung panik.

“Tetap tenang dan tutup gas untuk membantu mengurangi kecepatan, usahakan mencari lajur yang aman dari kendaraan lain agar terhindar dari tabrakan,” kata Agus.

Langkah selanjutnya, saat rem tidak bisa berfungsi pengendara bisa mencari jalan menanjak untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan.

Jika situasi tidak terkendali, usahakan untuk membunyikan klakson dan hindari tabrakan. namun, jika terpaksa menabrak agar motor berhenti, cari tempat yang tidak terlalu membahayakan seperti rumput atau pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com