Mobil Matik Terparkir Lama, Sebaiknya Posisi Transmisi di N atau P?

Kompas.com - 11/05/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi parkiran mobil Ilustrasi parkiran mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi pandemi Corona serta adanya larangan mudik di momen Lebaran tahun ini, tentunya membuat kendaraan roda empat lebih banyak terparkir di garasi.

Bagi para pemilik mobil dengan transmisi otomatis tentunya harus paham posisi tuas transmisi ketika mobil lama berada di parkiran.

Selama ini tidak sedikit pemilik mobil yang lebih memilih meletakkan posisi tuas transmisi pada N (netral) daripada posisi P (parking).

Agar mobil tidak bergerak biasanya pemilik mobil menggunakan handbrake agar ban bisa tertahan.

Baca juga: Kendaraan Jarang Dipakai tapi Ban Jadi Kempis, Ini Penyebabnya

Selain itu, bisa juga mengganjal roda menggunakan kayu atau batu sehingga kondisi mobil tetap aman.

Fungsi Shift LockStanly/Otomania Fungsi Shift Lock

Padahal, saat mobil matik lama tidak dipakai lebih disarankan untuk memposisikan tuas transmisi pada P.

Cara tersebut dinilai lebih aman dibandingkan dengan meletakkannya pada posisi N. Pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic, Hermas Prabowo mengatakan, dengan meletakkan tuas transmisi pada posisi P maka mobil akan lebih aman.

“Kalau parkir sebaiknya posisi transmisi di P, karena kalau di P output shaft yang terhubung dengan as kopel akan terkunci. Sehingga, mobil lebih aman dan tidak glundung,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Selama PSBB, Kendaraan yang Kebut-kebutan di Jalan Raya Bakal Disita

Posisi di P itu, Hermas menambahkan, tidak hanya saat mobil dalam kondisi terparkir lama tetapi juga saat parkir sebentar.

“Baik lama maupun sebentar, baiknya di P kalau berhenti tujuan parkir. Sedangkan N bukan untuk tujuan parkir tetapi saat berhenti dengan kondisi mesin masih hidup,” ucapnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X