Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Empat Diler yang Bisa Layani Servis Mobil Peugeot di Indonesia

Kompas.com - 02/05/2024, 18:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Peugeot resmi menghentikan aktivitas penjualannya di pasar Indonesia pada Kamis (2/5/2024).

Kabar tersebut diungkapkan Chief Executive of Astra Peugeot, Rokky Irvayandi saat dikonfirmasi Kompas.com menanggapi surat edaran yang disebarkan perseroan ke para konsumen setianya.

"Berdasarkan informasi dari Stellantis sebagai prinsipal Peugeot, telah mengambil keputusan strategis untuk mengehentikan penjualan Peugeot di pasar Indonesia. Ini terkait dengan strategi pertumbuhan bisnis Stellantis di ASEAN," katanya, Kamis.

Baca juga: Resmi, Peugeot Mengundurkan Diri dari Indonesia

Peugeot 5008Foto: Astra Peugeot Peugeot 5008

"Dan Astra menghargai keputusan tersebut," tambah Rokky.

Kendati demikian ia memastikan bahwa seluruh layanan purna jual, penyediaan suku cadang, maupun klaim asuransi (warranty) tidak berubah. Pengguna tetap bisa menikmatinya di jaringan diler resmi Astra Peugeot.

Namun lokasi diler resmi milik perseroan cukup terbatas. Tercatat hanya ada empat lokasi yang tersebar di wilayah Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Konsumen pemilik Peugeot bisa mendapatkan layanan aftersales di empat bengkel resmi, yaitu Peugeot Sunter (Jakarta), Peugeot Cilandak (Jakarta), Peugeot Solo, dan Peugeot Surabaya," kata Rokky.

"Layanan homse service juga masih tetap berlaku seperti biasanya," tambah dia.

Baca juga: Cara Naik Shuttle Bus Gratis ke PEVS 2024

Khusus selama musim libur anak sekolah, konsumen yang tertarik meminang Peugeot 3008 bisa mendapatkan mobil dengan TDP Rp 99 juta.Foto: Peugeot Khusus selama musim libur anak sekolah, konsumen yang tertarik meminang Peugeot 3008 bisa mendapatkan mobil dengan TDP Rp 99 juta.

Sinyal Peugeot yang hendak angkat kaki dari pasar dalam negeri sebenarnya sudah bisa terbaca samar-samar beberapa waktu belakangan. Salah satunya bisa dilihat dari distribusi yang melambat sejak 2023.

Pada periode tersebut, Astra Peugeot hanya mengirimkan 199 unit. Padahal pada 2022 perusahaan tengah mengalami peningkatan distribusi yaitu sebanyak 451 unit atau nyaris dua kali lipat dibanding 2021 dengan 265 unit.

Perlambatan itu terus terjadi hingga kuartal I/2024, di mana hanya ada 28 unit Peugeot yang berhasil terjual, turun 67,6 persen secara tahunan alias Januari-Maret 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com