Dear Ladies, Begini Cara Memilih Helm yang Nyaman untuk Berkendara

Kompas.com - 11/05/2020, 09:42 WIB
Helm Nolan half face Kompas.com/Aprida Mega NandaHelm Nolan half face

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan roda dua sepertinya sudah menjadi alat transportasi favorit masyarakat. Mengingat padatnya jalanan ibu kota, motor mampu menawarkan solusi transportasi yang lebih efisien.

Tidak hanya bagi pria saja, sudah bukan pemandangan yang asing lagi jika melihat wanita mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengendarai sepeda motor. Terpenting adalah pemakaian helm saat berkendara di jalan raya.

Store Manager RC Motogarage, Priadanis Nugroho Putra, membagikan tips memilih helm yang tepat untuk wanita. Salah satunya adalah mengukur helm dengan menggunakan telunjuk.

Baca juga: Child Lock, Fitur Penting Saat Berkendara dengan Anak

“Yang pertama harus memastikan dulu lingkar kepala, karena setiap helm pasti size-nya berbeda. Contoh size S 55-56cm, size M 57-58, size L 59-60 dan XL 61-62,” kata Danis kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa koleksi helm yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

Danis menambahkan, banyak yang mengeluh di bagian pipi sempit saat mencoba helm. Menurutnya, itu adalah hal yang wajar bahkan sebuah keharusan. Karena jika bagian pipi tidak menjepit, yang akan menahan beban justru kepala dan itu yang membuat pengguna helm sering merasa pusing.

Baca juga: Begini Cara Ngadem yang Aman di Mobil

“Ketika sudah pakai helm, coba kalian tes satu jari telunjuk diselipkan dibagian jidat. Kalo jarinya enggak masuk berarti helm itu sudah pas untuk ukuran kalian, yang nggak boleh itu kalau kepala kalian terasa sempit. Terkadang kita suruh konsumen kita coba helm minimal 5 menit supaya mereka bisa meraskan,” katanya.

Namun tidak semua wanita awam akan pemilihan dan kegunaan helm, karena beberapa kali ia menemui konsumen yang rela membeli helm seharga puluhan juta.

“Biasanya kebanyakan wanita yang kesini kalau cari helm pasti rata-rata maunya yang murah, tapi kalau memang yang tahu dan paham helm, mereka rela ngeluarin uang puluhan juta rupiah,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.