Child Lock, Fitur Penting Saat Berkendara dengan Anak

Kompas.com - 10/05/2020, 20:01 WIB
child safety lock pada mobil chevrolet KOMPAS.com/Aprida Mega Nandachild safety lock pada mobil chevrolet

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, beberapa keluaran mobil terbaru rata-rata sudah memiliki fitur child safety lock atau kunci pengaman pintu belakang. Namun, masih banyak pemilik mobil yang masih tidak mengerti akan fungsi dari child safety lock.

Child safety lock ini merupakan salah satu fitur keamanan pada mobil yang membuat pintu tidak bisa terbuka dari dalam.

Maka dari itu, ketika berkendara dengan anak disarankan untuk menempatkan mereka di bangku belakang. Jadi, ketika anak memainkan handel pintu, pintu tersebut tidak akan terbuka.

Baca juga: Sayang Anak, Ini Posisi Duduk yang Aman untuk Anak Ketika di Mobil

Fitur ini biasanya terletak pada pintu kanan atau kiri sisi dalam, biasanya ada tulisan lock dengan anak panah penunjuk arah.

Untuk menguncinya cukup menggeser tuas dari posisi unlock ke lock. Ketika tuas sudah berada di posisi lock maka pintu tersebut tidak bisa dibuka dari dalam.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, ketika berkendara dengan anak harus mementingkan faktor keselamatan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Thinkstockphotos Ilustrasi

“Khususnya anak-anak yang kakinya belum bisa mencapai dasar kabin, maka anak tersebut wajib ditempatkan di second row. Selain itu mereka juga harus menggunakan tempat duduk tambahan seperti booster seat atau baby seat,” ujar Jusri kepada Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Tidur di Dalam Mobil Lebih Aman Kondisi Mesin Hidup atau Mati?

Menurut Jusri fitur ini memang sangat penting, terutama bagi yang sering berkendara dengan anak agar pintu tidak terbuka secara tiba-tiba. Mengingat anak kecil yang memiliki sifat aktif dan besar rasa ingin tahunya. Namun, posisi duduk si kecil juga harus diperhatikan.

“Walaupun sudah ada fitur child lock, posisi duduk anak tetap harus diperhatikan, mengingat seat belt dewasa belum bisa mengakomodir keselamatan mereka ketika terjadi pengereman tiba-tiba. Jadi, anak sebaiknya tetap ditempatkan di baby seat atau car seat,” ujarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.