Untung Rugi Beli Mobil Bekas dengan Cara Lelang

Kompas.com - 28/04/2020, 11:02 WIB
tangkapan layar mobil bekas di Ibid-balai lelang serasi Ari Purnomotangkapan layar mobil bekas di Ibid-balai lelang serasi
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas yang biasa dilakukan adalah dengan datang langsung ke showroom dan melihat kondisi unit.

Tetapi, sebenarnya ada cara lain agar bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga murah, yakni melalui lelang.

Hanya saja, selama ini lelang identik dengan pembelian mobil dalam jumlah yang banyak. Sehingga, secara perorangan jarang mengikuti proses pembelian mobil dengan cara menawar dengan harga tertinggi.

Baca juga: Pemudik yang Pakai Motor Juga Bakal Dipaksa Putar Balik

Padahal, jika beruntung peserta dari perorangan pun bisa mendapatkan mobil dengan banderol di bawah harga pasaran.

Hanya saja, untuk jenis dan tipe mobil yang ada di balai lelang kadang tidak selengkap seperti di showroom atau diinginkan oleh calon pembeli.

- -

Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi mengatakan, lelang mobil bekas ini memang diikuti oleh pemilik showroom.

Akan tetapi, bagi perorangan yang ingin membeli mobil melalui proses ini juga bisa dengan mengikuti syarat yang ada.

“Unit yang kami lelang ini memang kondisinya apa adanya, kalau yang dijual di showroom biasanya sudah diperbaiki dulu baru dijual,” katanya kepada Kompas.com Senin (27/4/2020).

Baca juga: Akibat Larangan Mudik dan Pandemi Corona, Pengguna Tol Solo-Ngawi Turun 50 Persen

Daddy juga mengatakan, mobil dilelang juga ada grade-gradenya. Kategori ini disesuaikan dengan kondisi mobil yang akan dilelang, sehingga peserta lelang bisa memahami kondisinya.

“Semuanya ada gradenya, misalkan grade A itu yang paling bagus, kemudian grade B itu berkurang sedikit, grade C juga berkurang lagi,” ucapnya.

- -

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X