Begini Cara Ikut Lelang Mobil Bekas

Kompas.com - 28/04/2020, 10:42 WIB
Mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi terlihat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGMobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi terlihat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan mobil bekas dengan harga murah, salah satunya bisa dilakukan dengan cara ikut lelang.

Selama ini, lelang menjadi cara yang dilakukan hampir seluruh pemilik showroom mobil untuk mendapatkan mobil dengan harga lebih murah, selain dari pemilik langsung atau perorangan.

Hanya saja, untuk kondisinya memang tidak sepenuhnya bisa langsung dijual kembali atau dipakai tetapi ada beberapa yang harus diperbaiki dulu agar harganya bisa menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Pemudik yang Pakai Motor Juga Bakal Dipaksa Putar Balik

Meski banyak diikuti oleh pemilik showroom bukan berarti pembeli perorangan tidak bisa membeli mobil melalui lelang.

Lelang kendaraan roda empat ini bebas diikuti oleh siapapun mulai dari pemilik showroom hingga perorangan.

Salah satu mobil lelang di pelelangan Ibid di Jakarta, Rabu (25/10/2017).Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu mobil lelang di pelelangan Ibid di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Dengan catatan, peserta lelang harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh balai lelang.

Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi, Daddy Doxa manurung mengatakan, bagi peserta lelang yang masih baru atau awam bisa mengikuti prosedur yang ada.

“Caranya yang pertama adalah dengan mengunjungi website Ibid di www.ibid.astra.co.id. Setelah itu, peserta bisa mengikuti langkah-langkah untuk mendaftar sebagai peserta lelang,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Baca juga: Akibat Larangan Mudik dan Pandemi Corona, Pengguna Tol Solo-Ngawi Turun 50 Persen

Satu peserta lelang, lanjut Daddy, wajib mempunyai nomor peserta lelang (NPL) dan wajib membayar uang deposit sebesar Rp 5 juta untuk satu pembelian mobil lelang.

“Peserta bisa mencari dulu jenis atau tipe mobil yang dicarinya, serta bisa juga melihat-lihat lot mobil bekas yang akan dilelang. Itu kan ada banyak lot-lotnya yang bisa dipilih, satu NPL bisa digunakan untuk memilih beberapa lot,” ucap Daddy.

Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X