Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pencurian, Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bisa Cegah Maling?

Kompas.com - 27/04/2020, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi maraknya pencurian sepeda motor semakin hari kian meresahakan. Pandemi virus corona membuat aksi kriminal kian meningkat.

Minimnya pengawasan dan perhatian dari para warga akibat Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) membuat para pencuri kian berani meluncurkan aksinya.

Pemilik kendaraan bermotor dituntut untuk menjadi lebih waspada, terutama saat ingin meninggalkan sepeda motor yang lepas dari pantauan mata.

Beberapa masyarakat pecaya bahwa pencuri akan kesulitan bahkan tidak bisa membuka bagian kunci, jika setang motor matik ditekuk ke arah kanan. Lantas benarkah hal tersebut?

Baca juga: Meski Diperbolehkan, Ingat Aturan Membawa Barang di Sepeda Motor

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, kunci setang, alarm, atau pengaman lainnnya, bukan sebagai anti maling.

Parkir sepeda motor di Jalan Kepanduan II, Kalijodo, Jakarta Barat, Senin (24/4/2017).Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Parkir sepeda motor di Jalan Kepanduan II, Kalijodo, Jakarta Barat, Senin (24/4/2017).

“Semua peralatan tersebut hanya untuk mempersulit, atau memperlambat, karena maling sekarang sudah semakin nekat. Bahkan ada yang sudah dikunci setang namun pencuri tetap nekat dengan menggotong ban depan,” ujar Endro kepada Kompas.com, Selasa (27/04/2020).

Baca juga: Cegah Kendaraan Pemudik, Polres Karanganyar Perketat Perbatasan Jawa Timur

Menurut Endro, dengan membelokan setang ke arah kanan hanya akan mempersulit ruang gerak pencuri saat mencoba membobol kunci kontak menggunakan leter T.

“Pencuri akan kerepotan untuk mengakali atau merusak kunci kontaknya, karena terhalang oleh setang. Jadi akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengambil motor, atau bahkan bsia gagal saat menjalankan aksinya karena sudah keburu kepergok orang lain,” kata Endro.

Endro menyarankan, sebaiknya, pemilik motor melakukan tindakan preventif dengan menggunakan pengamanan ganda pada kendaraannya. Seperti penambahan gembok atau rantai yang disambungkan ke tiang mungin bisa menjadi solusi lainnya untuk mencegah pencurian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com