Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Membedakan Suku Cadang Toyota yang Asli dan Palsu

Kompas.com - 22/07/2024, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) sekarang memiliki merek suku cadang alias sparepart baru selain Toyota Genuine Parts yang lebih ekonomis tapi punya kualitas yang terjamin, yakni T-OPT.

Hadirnya T-OPT jadi alternatif para pemilik mobil Toyota yang mencari suku cadang selain di bengkel resmi dengan harga lebih murah. Cuma harus berhati-hati juga jika nanti sparepart asli Toyota ini sudah ada versi yang palsu.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, suku cadang imitasi sudah pasti tidak bagus kualitasnya. Banyak langkah yang dilakukan Toyota buat cegah hal tersebut.

Baca juga: Alasan Toyota Hadirkan Suku Cadang T-OPT

Opsi suku cadang asli dari Toyota yang lebih ekonomis, T-OPTKompas.com/Fathan Opsi suku cadang asli dari Toyota yang lebih ekonomis, T-OPT

"Kita harus punya banyak langkah, baik secara edukasi dan kerja sama dengan part shop. Paling penting yang kerja sama dengan toko suku cadang," ucap Anton kepada Kompas.com, Sabtu (20/7/2024).

Menurut Anton, toko suku cadang merupakan penghubung TAM dengan konsumen. Saat part shop tahu mana suku cadang asli dan palsu, itu membantu TAM sekaligus konsumen.

"Kalau partshop sudah tahu mana produk yang asli dan tidak asli serta memilih untuk tidak jual yang palsu, saya rasa itu bantu kita," kata Anton.

Baca juga: Bekal Hyptec HT Bertanding di Pasar EV Indonesia, Baterai Anti Bocor


Sebenarnya, konsumen saat belanja di toko selain bengkel resmi sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu. Bahkan, kadang melihat barangnya dengan kemasan Toyota, sudah mengira itu yang asli.

Makanya disarankan buat konsumen buat merawat mobilnya di bengkel yang terpercaya. Toyota sendiri sudah bekerja sama dengan sekitar 1.200 toko suku cadang se-Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau