Semua Pelayanan Bus AKAP dan AKDP di Jabodetabek Dihentikan

Kompas.com - 25/04/2020, 10:23 WIB
Suasana di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020). Dokumentasi Terminal Terpadu Pulo GebangSuasana di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai Jumat (24/4/2020) pukul 00.00 WIB, semua pelayanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi ( AKDP) seluruh terminal di Jabodatabek dihentikan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana Pramesti, mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Penghentian pelayanan ini bersifat sementara, yaitu sampai 31 Mei 2020. Diharapkan dengan kebijakan ini bisa menghambat pergerakan orang yang berpotensi menyebarkan penyakit Covid-19 ke daerah lain,” kata Polana dalam siaran resmi, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Ancaman Penjara dan Denda Rp 100 Juta bagi Pemudik Berlaku 7 Mei 2020

kondisi terminal Tanjung Priok setelah pemberlakuan larangan mudik, Jumat (24/4/2020)dok. Terminal Tanjung Priok kondisi terminal Tanjung Priok setelah pemberlakuan larangan mudik, Jumat (24/4/2020)

Mengingat seluruh wilayah Jabodetabek sudah menjadi zona merah. Namun, Polana juga menjelaskan, penghentian operasi pelayanan tidak berlaku bagi angkutan perkotaan lintas wilayah di dalam Jabodetabek (Transjabodetabek).

“Misalnya bus yang melayani rute Terminal Baranangsiang Bogor, ke Bekasi itu tetap beroperasi. Namun harus menjalankan protokol kesehatan terkait Covid-19,” ucap Polana.

Baca juga: Perbandingan Dimensi Yaris Cross dengan Honda HR-V dan Suzuki S-Cross

Bagi pengusaha bus AKAP dan AKDP yang beroperasi di luar terminal, sebaiknya jangan coba-coba melakukan hal tersebut. Saat ini telah terdapat 213 check point di lokasi perbatasan keluar Jabodetabek.

“Bagi yang terkena penindakan di check point, akan dikenakan sanksi tidak boleh melanjutkan perjalanan dan kembali ke tempat asal,” kata dia.

Berikut ini daftar terminal bus yang menghentikan pelayanan di Jabodetabek:


1. Terminal Jatijajar Depok
2. Terminal Baranangsiang Bogor
3. Terminal Poris Plawad Kota Tangerang
4. Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan
5. Terminal Kampung Rambutan
6. Terminal Pulogebang
7. Terminal Kalideres
8. Terminal Tanjung Priok
9. Terminal Bekasi

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X