MotoGP 2020 Bisa Dibatalkan

Kompas.com - 09/04/2020, 19:26 WIB
Daftar pebalap MotoGP 2020 Twitter @MotoGPDaftar pebalap MotoGP 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 atau virus Corona berdampak ke semua sektor, termasuk olahraga balap motor. MotoGP 2020 hingga sekarang bahkan belum juga digelar karena terus adanya perubahan jadwal.

Seri pertama, hanya Moto2 dan Moto3 saja yang digelar. Sebab, para pebalap dan tim sudah berada di sana sebelumnya untuk sesi tes. Kelas MotoGP dibatalkan dan seri-seri berikutnya terus diundur jadwalnya.

Baca juga: Dorna Mulai Pesimistis MotoGP Musim 2020 Bisa Bergulir

Jika ada yang bertanya kapan MotoGP bisa digelar, sama saja seperti bertanya kapan pandemi ini akan berakhir.

CEO Dorna Carmelo Ezpelata juga pernah menyebutkan bahwa MotoGP bisa digelar jika vaksin virus Corona telah ditemukan.

Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)VINCENZO PINTO Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

Disebutkan juga bahwa untuk bisa menggelar satu musim balap, Dorna harus menggelar minimal 13 seri. Namun, ketentuan tersebut mendapat pengecualian.

Sekarang, tujuannya adalah menggelar seri MotoGP sebanyak mungkin dengan waktu yang tersisa hanya beberapa bulan.

Baca juga: Mugello dan Catalunya Resmi Diundur, ini Jadwal MotoGP 2020 Terbaru

Berikut pernyataan resmi dari Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP 2020:

"Pandemi virus Corona sedang berlangsung dan telah menghasilkan revisi kalender 2020 untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, termasuk penundaan atau penjadwalan ulang sejumlah seri. Mengingat ketidakpastian yang berkelanjutan, Dorna Sports ingin menegaskan kembali bahwa balap adalah prioritas utama kami di tahun 2020.

Di Dorna, kami tetap berdiskusi terus-menerus dengan para promotor FIM, IRTA, MSMA, dan Grand Prix seraya kami memantau situasi dengan cermat, menjaga saluran komunikasi dan dukungan antara setiap pilar olahraga kami seterbuka mungkin. Tujuan dari setiap pihak yang terlibat adalah untuk mulai balapan lagi segera setelah aman untuk melakukannya.

Fokus nomor satu kami selalu dan akan terus berusaha menjalankan musim 2020 dengan jumlah seri sebanyak mungkin, menyelesaikan dalam tahun kalender 2020. Namun, kami akan selalu bertindak sesuai dengan saran kesehatan dan keselamatan dari pemerintah dan otoritas kesehatan terkait.

Jika pandemi terus menunda hidup dan olahraga kita lebih lama daripada yang bisa diantisipasi oleh siapa pun dan pembatasan perjalanan tetap berlaku, hanya sebagai upaya terakhir Dorna Sports akan mempertimbangkan untuk mendiskusikan pembatalan musim 2020 dengan FIM, IRTA dan MSMA.

Fokus nomor satu kami untuk WorldSBK juga mencoba menjalankan musim 2020 dengan sebanyak mungkin seri setelah aman untuk melakukannya.

Prioritas semua pihak yang terlibat adalah untuk berlomba, dengan aman, dan membawa penggemar kami lebih dari apa yang mereka sukai: balap motor."

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber MotoGP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X