Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2020, 19:26 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 atau virus Corona berdampak ke semua sektor, termasuk olahraga balap motor. MotoGP 2020 hingga sekarang bahkan belum juga digelar karena terus adanya perubahan jadwal.

Seri pertama, hanya Moto2 dan Moto3 saja yang digelar. Sebab, para pebalap dan tim sudah berada di sana sebelumnya untuk sesi tes. Kelas MotoGP dibatalkan dan seri-seri berikutnya terus diundur jadwalnya.

Baca juga: Dorna Mulai Pesimistis MotoGP Musim 2020 Bisa Bergulir

Jika ada yang bertanya kapan MotoGP bisa digelar, sama saja seperti bertanya kapan pandemi ini akan berakhir.

CEO Dorna Carmelo Ezpelata juga pernah menyebutkan bahwa MotoGP bisa digelar jika vaksin virus Corona telah ditemukan.

Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)VINCENZO PINTO Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

Disebutkan juga bahwa untuk bisa menggelar satu musim balap, Dorna harus menggelar minimal 13 seri. Namun, ketentuan tersebut mendapat pengecualian.

Sekarang, tujuannya adalah menggelar seri MotoGP sebanyak mungkin dengan waktu yang tersisa hanya beberapa bulan.

Baca juga: Mugello dan Catalunya Resmi Diundur, ini Jadwal MotoGP 2020 Terbaru

Berikut pernyataan resmi dari Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP 2020:

"Pandemi virus Corona sedang berlangsung dan telah menghasilkan revisi kalender 2020 untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, termasuk penundaan atau penjadwalan ulang sejumlah seri. Mengingat ketidakpastian yang berkelanjutan, Dorna Sports ingin menegaskan kembali bahwa balap adalah prioritas utama kami di tahun 2020.

Di Dorna, kami tetap berdiskusi terus-menerus dengan para promotor FIM, IRTA, MSMA, dan Grand Prix seraya kami memantau situasi dengan cermat, menjaga saluran komunikasi dan dukungan antara setiap pilar olahraga kami seterbuka mungkin. Tujuan dari setiap pihak yang terlibat adalah untuk mulai balapan lagi segera setelah aman untuk melakukannya.

Fokus nomor satu kami selalu dan akan terus berusaha menjalankan musim 2020 dengan jumlah seri sebanyak mungkin, menyelesaikan dalam tahun kalender 2020. Namun, kami akan selalu bertindak sesuai dengan saran kesehatan dan keselamatan dari pemerintah dan otoritas kesehatan terkait.

Jika pandemi terus menunda hidup dan olahraga kita lebih lama daripada yang bisa diantisipasi oleh siapa pun dan pembatasan perjalanan tetap berlaku, hanya sebagai upaya terakhir Dorna Sports akan mempertimbangkan untuk mendiskusikan pembatalan musim 2020 dengan FIM, IRTA dan MSMA.

Fokus nomor satu kami untuk WorldSBK juga mencoba menjalankan musim 2020 dengan sebanyak mungkin seri setelah aman untuk melakukannya.

Prioritas semua pihak yang terlibat adalah untuk berlomba, dengan aman, dan membawa penggemar kami lebih dari apa yang mereka sukai: balap motor."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com